PENGARUH KOMITMEN ORGANISASI DAN IKLIM ORGANISASI TERHADAP RETENSI KARYAWAN STUDI KASUS PADA PT. SELOK JAYA DI KECAMATAN JUWANA

Adib Nurul Ula, Moh (2016) PENGARUH KOMITMEN ORGANISASI DAN IKLIM ORGANISASI TERHADAP RETENSI KARYAWAN STUDI KASUS PADA PT. SELOK JAYA DI KECAMATAN JUWANA. Undergraduate thesis, STAIN Kudus.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2. KATA PENGANTAR.pdf

Download (2MB)
[img] Text
3. ABSTRAK.pdf

Download (2MB)
[img] Text
4. DAFTAR ISI.pdf

Download (2MB)
[img] Text
5. BAB I.pdf

Download (2MB)
[img] Text
6. BAB II.pdf

Download (2MB)
[img] Text
7. BAB III.pdf

Download (2MB)
[img] Text
8. BAB IV.pdf

Download (2MB)
[img] Text
9. BAB V.pdf

Download (2MB)
[img] Text
10. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh komitmen organisasi dan iklim organisasi terhadap retensi karyawan pada PT. Selok Jaya di Kecamatan Juwana. Komitmen organisasi merupakan suatu keadaan dimana karyawan merasa terikat oleh organisasi dan ingin mempertahankan keanggotaannya dalam organisasi tersebut serta mengabdikan diri untuk kepentingan organisasi. Iklim organisasi merupakan kualitas lingkungan internal organisasi yang secara relative terus berlangsung, dialami oleh anggota organisasi dan mempengaruhi perilaku mereka serta dapat dilukiskan dalam satu set karakteristik atau sifat organisasi. retensi karyawan adalah kemampuan perusahaan untuk mempertahankan karyawan potensial perusahaan untuk tetap setia kepada perusahaan. Jenis dan pendekatan penelitian yang digunakan adalah penelitian field research dengan pendekatan kuantitatif. Penentuan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling, dengan kriteria karyawan tetap di PT. Selok Jaya mengingat jumlah karyawan yang relatif banyak. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang diambil dari jawaban para responden terhadap rangkaian pertanyaan yang digunakan oleh penelitidan data sekunder yang di ambil dari majalah, surat kabar dan internet. Responden yang menjawab daftar kuesioner tersebut adalah karyawan tetap yang bekerja pada PT. Selok Jaya di Kecamatan Juwana. Berdasarkan hasil olah data penelitian ini menunjukkan bahwa komitmen organisasi mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap retensi karyawan dengan nilai ttabel lebih besar dari thitung (2,347>1,681). Iklim organisasi juga mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap retensi karyawan dengan nilai ttabel lebih besar dari thitung (3,825>1,681). Untuk meningkatkan retensi karyawan pada PT. Selok Jaya di Kecamatan Juwana perlu memperhatikan unsure komitmen oerganisasi dan iklim organisasi yang dapat mempertahankan karyawan sehingga dapat meningkatkan retensi karyawanyanya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Komitmen Organisasi; Iklim Organisasi; Retensi Karyawan
Subjects: Ilmu Terapan/Teknologi > Bisnis > Manajemen > Manajemen Personalia
Divisions: Jurusan Syariah dan Ekonomi Islam > Prodi Manajemen Bisnis Syariah
Depositing User: Perpustakaan STAIN Kudus
Date Deposited: 18 Mar 2017 04:38
Last Modified: 18 Mar 2017 04:38
URI: http://eprints.stainkudus.ac.id/id/eprint/844

Actions (login required)

View Item View Item