IMPLEMENTASI TEKNIK PEMBELAJARAN CLEAREST POINT DAN STUDENT SUMMARY DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS DAN ANALISIS SISWA PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DI MTS YPI KLAMBUG ROBOGAN PURWODADI TAHUN PELAJARAN 2016/ 2017

Fahrudin, Imam (2016) IMPLEMENTASI TEKNIK PEMBELAJARAN CLEAREST POINT DAN STUDENT SUMMARY DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS DAN ANALISIS SISWA PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DI MTS YPI KLAMBUG ROBOGAN PURWODADI TAHUN PELAJARAN 2016/ 2017. Skripsi thesis, STAIN Kudus.

[img] Text
1. cover.pdf

Download (3MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (2MB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (2MB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (2MB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (2MB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (2MB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (2MB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (2MB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB)

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk menjawab rumusan masalah yang meliputi :1) untuk mengetahui proses teknik pembelajaran Clearest Point dan Student summary dalam meningkatkan kemampuan berfikir kritis dan analisis siswa pada mata pelajaran sejarah kebudayaan Islamdi MTs YPI Klambu Grobogan Purwodadi tahun pelajaran 2016/2017. 2) untuk mengetahui faktor yang mendukung dan menghambat implementasi teknik pembelajaran Clearest Point dan Student summary dalam meningkatkan kemampuan berfikir kritis dan analisis siswa pada mata pelajaran sejarah kebudayaan islamdi MTs YPI Klambu Grobogan Purwodadi tahun pelajaran 2016/2017. Jenis dan pendekatan penelitian ini adalah penelitian lapangan (Field Research) dan menggunakan pendekatan kualitatif dengan menggunakan metode wawancara, observasi, dokumentasi yang diperoleh dari informan (Kepala Madrasah, Guru mapel SKI, peserta didik) terkait dengan permasalahan penelitian. Adapun lokasi penelitian di MTs YPI Klambu Grobogan Purwodadi. Adapun hasil penelitian ini adalah 1) Implementasi teknik pembelajaran Clearest Point dan Student summarypada mata pelajaran SKI sudah baik, ini terlihat dari setelah pelaksanaan teknik pembelajaran Clearest Point dan Student summary mampu meningkatkan kemampuan berfikir kritis dan analisis. 2) Faktor pendukung dan penghambat implementasi teknik pembelajaran Clearest Point dan Student summary dalam meningkatkan kemampuan berfikir kritis dan analisis siswa pada mata pelajaran sejarah kebudayaan islam adalah: a) kemampuan guru. b) minat belajar peserta didik tinggi. c) sarana dan prasarana. Sedangkan faktor penghambat adalah: a)Adanya perasaan “takut” dari diri siswa untuk bertanya dan menyampaikan argumen. b) peserta didik mengganggu temannya. c) Orang Tua/wali murid.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Teknik; Clearest Point; Student Summary; Berfikir Kritis; Analisis; Sejarah Kebudayaan Islam
Subjects: Sosial > Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Sosial > Pendidikan > Siswa, Peserta Didik
Sosial > Pendidikan > Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan
Sosial > Pendidikan > Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > Tingkat Pertama dan Atas (SMP dan SMA)
Divisions: Jurusan Tarbiyah > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Perpustakaan STAIN Kudus
Date Deposited: 03 Dec 2016 03:14
Last Modified: 03 Dec 2016 03:14
URI: http://eprints.stainkudus.ac.id/id/eprint/85

Actions (login required)

View Item View Item