INTERVENSI BIMBINGAN KONSELING ISLAM BAGI IBU HAMIL DALAM MENGHADAPI PERSALINAN DI DESA PLADEN KECAMATAN JEKULO KABUPATEN KUDUS

Alfiiyatur Rohmah, Siti (2015) INTERVENSI BIMBINGAN KONSELING ISLAM BAGI IBU HAMIL DALAM MENGHADAPI PERSALINAN DI DESA PLADEN KECAMATAN JEKULO KABUPATEN KUDUS. Undergraduate thesis, STAIN Kudus.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (3MB)
[img] Text
2. KATA PENGANTAR.pdf

Download (2MB)
[img] Text
3. ABSTRAK.pdf

Download (2MB)
[img] Text
4. DAFTAR ISI.pdf

Download (2MB)
[img] Text
5. BAB I.pdf

Download (2MB)
[img] Text
6. BAB II.pdf

Download (2MB)
[img] Text
7. BAB III.pdf

Download (2MB)
[img] Text
8. BAB IV.pdf

Download (2MB)
[img] Text
9. BAB V.pdf

Download (2MB)
[img] Text
10. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB)

Abstract

Bimbingan Konseling Islam didefinisikan sebagai pemberian bantuan yang terarah, kontinu dan sistematis kepada setiap individu agar dapat mengembangkan potensi dan fitrah keagamaan yang dimiliki secara optimal oleh konselor dan klien, dengan cara menginternalisasikan nilai-nilai yang terkandung dalam Al Quran dan hadist kedalam diri sehingga ia dapat mencapai kebahagiaan di dunia dan akhirat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas persiapan ibu hamil dalam menghadapi persalinan di Desa Pladen Kecamatan Jekulo Kabupaten Kudus, Untuk mengetahui pelaksanaan bimbingan konseling Islam bagi ibu hamil dalam menghadapi persalinan di Desa Pladen Kecamatan Jekulo Kabupaten Kudus , Untuk mengetahui peran bimbingan konseling Islam bagi ibu hamil dalam menghadapi persalinan di Desa Pladen Kecamatan Jekulo Kabupaten Kudus. Penelitian skripsi ini penulis menggunakan jenis penelitian field research (penelitian lapangan) yaitu melaksanakan penelitian lapangan untuk memperoleh data atau informasi secara langsung dengan mendatangi informan. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pendekatan penelitian kualitatif, suatu jenis penelitian yang temuan-temuannya tidak diperoleh melalui perhitungan statistik dan angka. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi, data yang telah terkumpul kemudian dianalisis dengan metode induktif, yaitu suatu pengambilan keputusan dimulai dari pernyataan atau fakta-fakta khusus menuju pada kesimpulan yang bersifat umum. Berdasarkan pembahasan dan pemaparan analisis dihasilkan bahwa pelaksanaan Bimbingan Konseling Islam bagi ibu hamil dalam menghadapi persalinan di Desa Pladen Kecamatan Jekulo Kabupaten Kudus dilaksanakan dengan baik.Terbukti ibu hamil lebih berani bertanya dan aktif lagi dalam mempersiapkan persalinan berkualitas terutama dalam mengutarakan masalah agar dapat diselesaikan bersama-sama dengan baik. Bentuk dari pelaksanaan intervensi BKI bagi ibu hamil yakni adanya diskusi personal antar ibu hamil yang mana bidan mendengarkan secara langsung dengan ini ibu hamil dapat mengeluarkan pendapat secara langsung tanpa ada rasa canggung terhadap ibu-ibu hamil lainnya. Sistem evaluasi yang diadakan di desa Pladen Jekulo Kudus khususnya pada pelaksanaan progam intervensi BKI bagi ibu hamil mengacu pada keaktifan ibu hamil dalam proses tanya jawab dikelas ibu hamil, dengan cara bidan selalu berkoordinasi dengan anggota keluarga agar dapat mengetahui kondisi ibu hamil secara maksimal. Adapun hasil dari bentuk intervensi BKI bagi ibu hamil yang dilakukan bidan untuk mengetahui kemaksimalan kualitas persiapan ibu hamil dalam menghadapi persalinan di Desa Pladen Kecamatan Jekulo Kabupaten Kudus yakni melalui hasil responsif ibu hamil dengan adanya buku KIA selama proses kehamilan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Konseling Islam; Ibu Hamil
Subjects: Agama
Sosial > Pendidikan > Bimbingan dan Penyuluhan Siswa, Konseling
Divisions: Jurusan Dakwah dan Komunikasi > Prodi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Perpustakaan STAIN Kudus
Date Deposited: 18 Mar 2017 06:02
Last Modified: 18 Mar 2017 06:02
URI: http://eprints.stainkudus.ac.id/id/eprint/875

Actions (login required)

View Item View Item