IMPLEMENTASI METODE CIRCLE OF LEARNING DALAM MENUMBUHKAN SIKAP INTERDEPENDENSI POSITIF PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DI MA NU MU’ALLIMAT KUDUS TAHUN PELAJARAN 2015/2016

Sukmasari, Eko Kurnia (2016) IMPLEMENTASI METODE CIRCLE OF LEARNING DALAM MENUMBUHKAN SIKAP INTERDEPENDENSI POSITIF PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DI MA NU MU’ALLIMAT KUDUS TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Skripsi thesis, STAIN kudus.

[img] Text
01 Cover.pdf

Download (5MB)
[img] Text
02 abstrak.pdf

Download (380kB)
[img] Text
03 DAFTAR ISI.pdf

Download (388kB)
[img] Text
04 BAB 1.pdf

Download (402kB)
[img] Text
05 BAB II.pdf

Download (508kB)
[img] Text
06 BAB III.pdf

Download (413kB)
[img] Text
07 BAB IV.pdf

Download (537kB)
[img] Text
08 BAB V.pdf

Download (386kB)
[img] Text
09 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (384kB)

Abstract

Dari latar belakang penelitian ini difokuskan pada pelaku, aktifitas dan tempat yang berhubungan dengan implementasi metode circle of learning dalam menumbuhkan interdependensi positif yang meliputi beberapa hal sebagai berikut: pertama, pelaku yang diteliti dalam penelitian ini adalah wakil kepala Madrasah, pendidik dan peserta didik kelas X, kedua, aktifitas yang diteliti yaitu meliputi aktifitas pembelajaran, ketiga, tempat penelitian. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan (field research). Adapun pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Peneliti menggunakan teknik penggumpulan data melalui dokumentasi, observasi dan wawancara (interview) wakil kepala madrasah, guru mata pelajaran sejarah kebudayaan Islam dan peserta didik kelas X. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi metode circle of learning dalam menumbuhkan sikap interdependensi positif peserta didik pada mata pelajaran sejarah kebudayaan islam di MA NU Mu’allimat Kudus tahun pelajaran 2015/2016 yaitu: pertama, penerapan metode tersebut terdapat tiga tahapan dalam proses pembelajaran yakni pertama, perencanaan yakni guru membuat perangkat pembelajaran sebelum pembelajaraan berlangsung yaitu salah satunya guru membuat RPP yang meliputi alokasi waktu kegiatan pembelajaran, rencana pembelajaran yang akan dilakukan mulai dari kegiatan awal sampai kegiatan akhir. Media dan buku yang digunakan. Kedua, pelaksanaan yakni guru dan peserta didik mengikuti kegiatan pembelajaran dengan menggunakan metode circle of learning dan yang ketiga, evaluasi yakni guru mengukur kemampuan peserta didik dalam menguasai materi yang telah diajarkan, evaluasi di MA NU Mu’allimat ini menggunakan evaluasi kurikulum 2006, penilaian dilakukan pada kegiatan pembelajaran, ulangan harian, tes tengah semester dan akhir semester. Faktor pengdukung dan penghambat penerapan metode Circle Of Learning pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MA NU Mu’allimat Kudus Tahun Pelajaran 2015/2016, faktor pendukung internalnya yaitu berasal dari diri peserta didik, kemampuan pedagogie guru dimana guru harus siap dalam mengajar dalam kondisi apapun, sedangkan faktor eksternalnya yaitu sarana prasarana yang memadai, adanya kerjasama yang baik antara peserta didik dengan peserta didik lainnya dan pendidik sehingga pembelajaran berjalan dengan baik. Kemudian faktor penghambatnya, dari intenalnya yaitu dari diri peserta didik itu sendiri meliputi minat dan motivasi, pendidik kurang dapat mengontrol peserta didik satu persatu, sedangkan eksternalnya yaitu jumlah rombongan belajar banyak, lokasi madrasah yang berada ditengah kota mengganggu karena ramai.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Metode Circle Of Learning; Interdependensi Positif; Sejarah Kebudayaan Islam
Subjects: Sosial > Kebudayaan
Sosial > Pendidikan
Sosial > Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Sosial > Pendidikan > Siswa, Peserta Didik
Divisions: Jurusan Tarbiyah > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Perpustakaan STAIN Kudus
Date Deposited: 03 Dec 2016 03:37
Last Modified: 03 Dec 2016 03:37
URI: http://eprints.stainkudus.ac.id/id/eprint/88

Actions (login required)

View Item View Item