PENGARUH METODE MEANINGFUL INSTRUCTIONAL DESIGN (MID) TERHADAP KEMAMPUAN KOGNITIF SISWA PADA MATA PELAJARAN QUR’AN HADITS KELAS X DI MAN 1 KUDUS TAHUN PELAJARAN 2015/2016

Abdul Azis, Achmad (2016) PENGARUH METODE MEANINGFUL INSTRUCTIONAL DESIGN (MID) TERHADAP KEMAMPUAN KOGNITIF SISWA PADA MATA PELAJARAN QUR’AN HADITS KELAS X DI MAN 1 KUDUS TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, STAIN Kudus.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (771kB)
[img] Text
2. KATA PENGANTAR.pdf

Download (321kB)
[img] Text
3. ABSTRAK.pdf

Download (187kB)
[img] Text
4. DAFTAR ISI.pdf

Download (206kB)
[img] Text
5 BAB I.pdf

Download (294kB)
[img] Text
6 BAB II.pdf

Download (423kB)
[img] Text
7 BAB III.pdf

Download (343kB)
[img] Text
8 BAB IV.pdf

Download (477kB)
[img] Text
9 BAB V.pdf

Download (192kB)
[img] Text
10 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (190kB)

Abstract

Metode Meaningful Instructional Design (MID) merupakan metode yang mengutamakan kebermaknaan belajar dan efektivitas dengan cara membuat kerangka kerja-aktivitas secara konseptual kognitif-konstruktivisme. Kemampuan kognitif siswa merupakan salah satu ranah dalam taksonomi pendidikan, teori Kognitif lebih menekankan bagaimana proses atau upaya mengoptimalkan kemampuan aspek rasional atau kemampuan berpikir yang dimiliki oleh orang lain. Permasalahan penelitian ini adalah sebagai berikut : 1) Sejauh mana pelaksanaan metode Meaningful Instructional Design (MID) pada mata pelajaran Qur’an Hadits kelas X di MAN 1 Kudus tahun pelajaran 2015/2016?. 2) Sejauh mana kemampuan kognitif siswa pada mata pelajaran Qur’an Hadits kelas X di MAN 1 Kudus tahun pelajaran 2015/2016?. 3) Adakah pengaruh metode Meaningful Instructional Design (MID) terhadap kemampuan kognitif siswa pada mata pelajaran Qur’an Hadits kelas X di MAN 1 Kudus tahun pelajaran 2015/2016?. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik pengumpulan data yang digunakan melalui angket (kuesioner), observasi, wawancara dan dokumentasi terhadap instansi terkait di MAN 1 Kudus. Adapun hasil penelitian ini adalah sebagai berikut : 1) Pelaksanaan metode Meaningful Instructional Design (MID) pada mata pelajaran Qur’an Hadits kelas X di MAN 1 Kudus tahun pelajaran 2015/2016 adalah terbilang mempunyai pengaruh yang baik karena hasil mean (rata-rata) angket metode Meaningful Instructional Design (MID) menunjukkan nilai sebesar 80,48 dari 40 responden dan termasuk dalam interval (78-81) yang merupakan kategori “baik”. 2) Kemampuan kognitif siswa pada mata pelajaran Qur’an Hadits kelas X di MAN 1 Kudus tahun pelajaran 2015/2016 adalah terbilang mempunyai pengaruh yang baik karena hasil mean (rata-rata) angket kemampuan kognitif Siswa menunjukkan nilai sebesar 80,35 dari 40 responden dan termasuk dalam interval (78-81) yang merupakan kategori “baik”. 3) Terdapat pengaruh yang signifikan metode Meaningful Instructional Design (MID) terhadap kemampuan kognitif siswa pada mata pelajaran Qur’an Hadits kelas X di MAN 1 Kudus tahun pelajaran 2015/2016 adalah dengan menggunakan analisis statistik regresi linier satu prediktor ditemukan Freg = 11,75, kemudian dikonsultasikan pada Ftabel regresi dengan df = 40-1-1 = 38. Pada taraf signifikansi 5% diperoleh nilai Ftabel = 4,10 dan pada taraf signifikansi 1% diperoleh nilai Ftabel = 7,35. Maka diketahui (11,75 > 7,35 > 4,10) nilai Freg ternyata berada di atas atau lebih besar dari batas penolakan keduanya. Dengan demikian bahwa hipotesis berbunyi “ada pengaruh yang positif dan signifikan metode Meaningful Instructional Design (MID) terhadap kemampuan kognitif siswa pada mata pelajaran Qur’an Hadits kelas X di MAN 1 Kudus tahun pelajaran 2015/2016”, diterima baik pada taraf signifikansi 5% dan 1%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Metode Meaningful Instructional Design (MID); Kemampuan Kognitif Siswa
Subjects: Al-Qur`an dan Ilmu yang berkaitan
Sosial > Pendidikan
Sosial > Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Sosial > Pendidikan > Siswa, Peserta Didik
Divisions: Jurusan Tarbiyah > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Perpustakaan STAIN Kudus
Date Deposited: 25 Mar 2017 02:30
Last Modified: 25 Mar 2017 02:30
URI: http://eprints.stainkudus.ac.id/id/eprint/880

Actions (login required)

View Item View Item