ANALISIS PENGEMBANGAN SILABUS PADA MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAK DALAM PENINGKATAN PEMAHAMAN SISWA DI MTS NU MIFTAHUL MAARIF KALIWUNGU KUDUS TAHUN PELAJARAN 2015/2016

Idhofiah, Faiqotul (2016) ANALISIS PENGEMBANGAN SILABUS PADA MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAK DALAM PENINGKATAN PEMAHAMAN SISWA DI MTS NU MIFTAHUL MAARIF KALIWUNGU KUDUS TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, STAIN Kudus.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (581kB)
[img] Text
2. KATA PENGANTAR.pdf

Download (303kB)
[img] Text
3. ABSTRAK.pdf

Download (186kB)
[img] Text
4. DAFTAR ISI.pdf

Download (192kB)
[img] Text
5. BAB I.pdf

Download (216kB)
[img] Text
6. BAB II.pdf

Download (350kB)
[img] Text
7. BAB III.pdf

Download (221kB)
[img] Text
8. BAB IV.pdf

Download (405kB)
[img] Text
9. BAB V.pdf

Download (190kB)
[img] Text
10. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (189kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan melihat secara nyata tentang pengembangan silabus pada mata pelajaran aqidah akhlak di MTs NU Miftahul Maarif Kaliwungu Kudus Tahun Pelajaran 2015/2016, untuk mengetahui peningkatan pemahaman siswa terhadap mata pelajaran aqidah akhlak di MTs NU Miftahul Maarif Kaliwungu Kudus Tahun Pelajaran 2015/2016. Dan untuk mengetahui Pengembangan silabus pada mata pelajaran aqidah akhlak dalam peningkatan pemahaman siswa di MTs NU Miftahul Maarif Kaliwungu Kudus Tahun Pelajaran 2015/2016. Penelitian ini merupakan field research dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Metode analisis yang digunakan menggunakan metode yang dikembangkan oleh Miles and Huberman dengan tiga langkah yaitu reduksi data, penyajian data, verifikasi dan penarikan kesimpulan. Adapun lokasi penelitiannya adalah di MTs NU Miftahul Maarif Kaliwungu Kudus Hasil penelitian menunjukkan sebagai berikut: 1) Pengembangan silabus pada mata pelajaran aqidah akhlak di MTs NU Miftahul Maarif Kaliwungu Kudus Tahun Pelajaran 2015/2016 menurut hasil peneliti dikategorikan baik. Hal ini terlihat dari dokumen silabus pembelajaran yang telah dikembangkan berdasarkan prinsip-prinsip yang digariskan oleh lembaga pendidikan Maarif NU Kaliwungu Kudus. Guru mata pelajaran aqidah akhlak melakukan pengembangan silabus dengan berbagai langkah-langkah, diantaranya memetakan setiap silabus yang akan dikembangkan yaitu merumuskan indikator pencapaian, identifikasi materi pembelajaran, mengembangkan kegiatan pembelajaran, jenis penilaian, alokasi waktu, dan sumber belajar. 2) Peningkatan pemahaman siswa terhadap mata pelajaran aqidah akhlak di MTs NU Miftahul Maarif Kaliwungu Kudus Tahun Pelajaran 2015/2016 menurut peneliti dikategorikan signifikan. Hal ini dibuktikan dengan meningkatnya kemampuan pemahaman siswa, suasana pembelajaran yang kondusif, respon siswa yang baik, serta aktif bertanya dalam pembelajaran. Dan dibuktikan dengan adanya peningkatan nilai aqidah akhlak yang dulu rata-rata 75 menjadi rata-rata 85. 3) Pengembangan silabus pada mata pelajaran aqidah akhlak dalam peningkatan pemahaman siswa di MTs NU Miftahul Maarif Kaliwungu Kudus Tahun Pelajaran 2015/2016 menurut peneliti dikategorikan sangat efektif dan sangat signifikan dalam kegiatan pembelajaran. Hal ini terlihat dari dokumen silabus yang telah dikembangkan oleh guru mata pelajaran aqidah akhlak saling berkaitan antara satu komponen dengan komponen yang lain untuk meningkatkan pemahaman siswa. Sedangkan menurut peningkatan pemahaman siswa, pengembangan silabus pada mata pelajaran aqidah akhlak berdampak positif bagi proses pembelajaran. Hal ini dibuktikan dengan nilai rata-rata siswa 85 yang merupakan di atas nilai rata-rata KKM 75.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan Silabus; Aqidah Akhlak; Peningkatan Pemahaman siswa
Subjects: Akhlak dan Tasawuf
Sosial > Pendidikan
Sosial > Pendidikan > Administrasi Pendidikan
Sosial > Pendidikan > Siswa, Peserta Didik
Divisions: Jurusan Tarbiyah > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Perpustakaan STAIN Kudus
Date Deposited: 25 Mar 2017 02:43
Last Modified: 25 Mar 2017 02:43
URI: http://eprints.stainkudus.ac.id/id/eprint/884

Actions (login required)

View Item View Item