IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN BROKEN TRIANGLE/SQUARE/HEART UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AL-QUR’AN HADITS DI MI QODIRIYAH HARJOWINANGUN DEMPET DEMAK TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Izudin, Muhammad (2017) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN BROKEN TRIANGLE/SQUARE/HEART UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AL-QUR’AN HADITS DI MI QODIRIYAH HARJOWINANGUN DEMPET DEMAK TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, STAIN Kudus.

[img] Text
1. Cover.pdf

Download (16MB)
[img] Text
2. Abstrak.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2. Abstrak.pdf

Download (2MB)
[img] Text
3. Daftar Isi.pdf

Download (2MB)
[img] Text
4. Bab 1.pdf

Download (2MB)
[img] Text
5. Bab 2.pdf

Download (2MB)
[img] Text
6. Bab 3.pdf

Download (2MB)
[img] Text
7. Bab 4.pdf

Download (2MB)
[img] Text
8. Bab 5.pdf

Download (2MB)
[img] Text
9. Daftar Pustaka.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Implementasi Model Pembelajaran Broken Triangle/Square/Heart untuk Meningkatkan Kreativitas Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits di MI Qodiriyah Harjowinangun, 2) faktor pendukung dan penghambat dalam Implementasi Model Pembelajaran Broken Triangle/Square/Heart untuk Meningkatkan Kreativitas Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits di MI Qodiriyah Harjowinangun. Penelitian ini menggunakan metode penelitian field research (penelitian lapangan) yang disajikan secara diskriptif kualitatif. Kemudian data yang telah terkumpul akan diadakan penganalisaan dengan pendekatan kualitatif deskriptif untuk mengetahui Implementasi Model Pembelajaran Broken Triangle/Square/ Heart untuk Meningkatkan Kreativitas Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits di MI Qodiriyah Harjowinangun. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1)Implementasi model pembelajaran Broken Triangle/Square/Heart untuk meningkatkan kreativitas belajar siswa pada mata pelajaran Al-Qur’an hadits di MI Qodiriyah Harjowinangun Dempet Demak tahun pelajaran 2016/2017 meliputi beberapa tahapan, mulai dari perencanaan guru telah menyususn RPP lalu juga sudah menyiapkan tiga buah puzzle sebagai media belajar siswa. Kemudia dalam praktiknya di kelas guru guru membagi kelas kedalam beberapa kelompok yang dipilih secara acak. Untuk hasil dari implementasi model pemelajaran ini pembelajaran Al-Qur’an Hadits menjadi lebih berfariasi dan merupakan hal yang baru. Sehingga siswapun juga menjadi gembira, penuh semangat dan dapat belajar dalam suasana yang menyenangkan, 2) Faktor pendukung: a)dari pihak madrasah selalu mendukung semua guru untuk bisa meningkatkan kualitas pembelajaran; b)guru sudah bersikap profesional dalam menjalankan tugasnya; c) siswa yang bersikap kooperatif dengan guru dan juga antusias. Kemudian untuk faktor penghambat: a) lingkungan sekitar madrasah yang kurang kondusif sehingga pembelajaran yang dilakukan menjadi sedikit terganggu; b) orang tua siswa yang kurang menyadari bahwa mereka juga ikut berperan dalam keberhasian pendidikan yang dilakukan oleh pihak madrasah. Hasil penelitian ini diharapkan akan menjadi bahan informasi dan masukan bagi mahasiswa, para tenaga pengajar, para peneliti dan semua pihak, terutama dalam memberi pertolongan dan motivasi kepada rekan-rekan mahasiswa agar senantiasa meningkatkan kualitas penelitian pada masa yang akan datang.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Broken Triangle/Square/HeartP; Kreativitas BelajarP; Al-Qur’an Hadits
Subjects: Al-Qur`an dan Ilmu yang berkaitan
Sosial > Pendidikan
Sosial > Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Sosial > Pendidikan > Siswa, Peserta Didik
Divisions: Jurusan Tarbiyah > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Perpustakaan STAIN Kudus
Date Deposited: 25 Mar 2017 05:17
Last Modified: 25 Mar 2017 05:17
URI: http://eprints.stainkudus.ac.id/id/eprint/906

Actions (login required)

View Item View Item