ANALISIS PENERAPAN MATERI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM UNTUK MEMBENTUK TINGKAH LAKU YANG BAIK BAGI ANAK JALANAN DI PONDOK PESANTREN MIFTAHUL AMAL JIKEN BLORA

Juhartini, Inda (2017) ANALISIS PENERAPAN MATERI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM UNTUK MEMBENTUK TINGKAH LAKU YANG BAIK BAGI ANAK JALANAN DI PONDOK PESANTREN MIFTAHUL AMAL JIKEN BLORA. Undergraduate thesis, STAIN Kudus.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAKS.pdf

Download (855kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (873kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (882kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (991kB)
[img] Text
6.BAB III.pdf

Download (892kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Persepsi pendidikan agama Islam bagi anak jalanan di Pondok Pesantren Miftahul Amal Jiken, Blora. 2) Penerapan materi Pendidikan Agama Islam dalam membentuk tingkah laku yang baik bagi anak jalanan di Pondok Pesantren Miftahul Amal Jiken, Blora. 3) Faktor yang menjadi penghambat atau pendukung dalam penerapan materi pendidikan agama Islam bagi anak jalanan di Pondok Pesantren Miftahul Amal Jiken, Blora. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data yang digunakan melalui wawancara terhadap instansi terkait yaitu, Pondok Pesantren Miftahul Amal Jiken Blora mengenai penerapan materi pendidikan agama Islam kemudian observasi dan dokumentasi. Setelah peneliti memasuki objek penelitian yakni Pondok "Miftahul Amal" Jiken Blora, sumber data diperoleh dari ketua, guru, pengasuh dan para santri. Aktivitas yang dilakukan yakni terkait dengan Suasana proses pembelajaran dan penerapan pendidikan agama Islam untuk membentuk tingkah laku yang baik bagi anak jalanan. Hasil penelitian ini sebagai berikut, Pertama: Persepsi pendidikan agama Islam bagi anak jalanan di Pondok Pesantren Miftahul Amal Jiken Blora, Persepsi Pendidikan agama Islam bagi anak jalanan di Pondok Pesantren Miftahul Amal Jiken Blora sangatlah penting dan membentuk tingkah laku yang baik (akhlak). bahwa pendidikan agama Islam memperoleh posisi yang sangat tinggi, karena melalui pendidikan orang dapat memperoleh ilmu, dan dengan ilmu agama orang dapat mengenal Tuhanya. Kedua: Penerapan materi Pendidikan Agama Islam dalam membentuk tingkah laku yang baik bagi anak jalanan di Pondok Pesantren Miftahul Amal Jiken Blora, yaitu : 1) Akhlak pada Allah SWT. 2) Akhlak pada Rasulullah. 3) Akhlak pada sesama. 4) Akhlak pada lingkungan. Ketiga: Faktor yang menjadi penghambat atau pendukung dalam penerapan materi pendidikan agama Islam bagi anak jalanan di Pondok Pesantren Miftahul Amal Jiken Blora, faktor-faktor pendukung meliputi : 1) Pondok pesantren miftahul amal, 2) Guru, 3) Teman, dan 4) Sekolah. Sedangkan yang menjadi faktor penghambat yaitu: 1) Pengaruh dari din sendiri, 2) Pengaruh teman sebaya, 3) Perilaku pembiaran masyarakat dan 4) Kesibukan orang tua.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Membentuk tingkah laku yang baik (akhlak) bagi anak jalanan
Subjects: Agama
Akhlak dan Tasawuf
Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam > Pendidikan Islam
Divisions: Jurusan Tarbiyah > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Perpustakaan STAIN Kudus
Date Deposited: 25 Mar 2017 05:31
Last Modified: 25 Mar 2017 05:31
URI: http://eprints.stainkudus.ac.id/id/eprint/908

Actions (login required)

View Item View Item