ANALISIS STRATEGI GURU DALAM PELAKSANAAN EVALUASI ASPEK KOGNITIF DAN PSIKOMOTORIK PADA MATA PELAJARAN FIQIH DI MI NU ROUDLOTUT THOLIBIN JAPAN DAWE KUDUS TAHUN PELAJARAN 2015/2016

Halim, Abdul (2017) ANALISIS STRATEGI GURU DALAM PELAKSANAAN EVALUASI ASPEK KOGNITIF DAN PSIKOMOTORIK PADA MATA PELAJARAN FIQIH DI MI NU ROUDLOTUT THOLIBIN JAPAN DAWE KUDUS TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, STAIN Kudus.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (4MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (2MB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (2MB)
[img] Text
4. BAB 1.pdf

Download (2MB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (2MB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (2MB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (2MB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (2MB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi bahwa evaluasi merupakan salah satu hal yang terpenting yang dilakukan oleh seorang guru dalam proses pembelajaran, karena dengan melakukan evaluasi, maka guru akan mampu memahami kemampuan peserta didiknya dalam memahami materi pelajaran, utamanya dalam hal ini adalah evaluasi pada aspek kognitif dan juga psikomotorik. Skripsi ini dibuat dengan tujuan (1) Untuk mengetahui tentang evaluasi yang dilakukan dalam pembelajaran Fiqih di MI NU Roudlotut Tolibin Japan Dawe Kudus (2) Untuk mengetahui strategi guru dalam pelaksanaan evaluasi aspek kognitif dan psikomotorik pada mata pelajaran Fiqih di MI NU Roudlotut Tholibin Japan Dawe Kudus Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Uji keabsahan dilakukan dengan teknik uji credibility (perpanjangan pengamatan, peningkatan ketekunan, menggunakan bahan referensi, diskusi dengan teman sejawat dan juga member check), uji transferability, uji dependability dan uji konfirmability. Teknik analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini yaitu (1) Evaluasi yang dilakukan dalam pembelajaran fiqih yaitu evaluasi formatif, mencakup ulangan harian. Evaluasi sumatif yaitu evaluasi yang dilakukan pada tiap-tiap akhir semester. Ditambah program remedial dan juga program pengayaan. (2) Strategi guru dalam pelaksanaan evaluasi aspek kognitif pada mata pelajaran fiqih diantaranya yaitu dengan strategi tes lisan atau langsung kepada siswa. Selanjutnya yaitu dengan strategi tes tertulis yang salah satunya yaitu dengan tes tertulis bentuk uraian. Sedangkan strategi guru dalam pelaksanaan evaluasi pada ranah psikomotorik dalam mata pelajaran Fiqih dilakukan dengan cara observasi atau pengamatan terhadap siswa dan salah satu diantara kategori dalam pengamatan yaitu dengan cara membina anak lewat program pembiasaan dalam praktek-praktek ibadah. Strategi guru selanjutnya yaitu dengan dengan simulasi atau praktik terhadap sebuah materi pelajaran.. Peneliti menyarankan agar ada penelitian selanjutnya karena adanya keterbatasan dalam penelitian kali ini terkait strategi guru dalam pelaksanaan evaluasi pada bidang kognitif dan juga psikomotorik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Strategi guru; pelaksanaan evaluasi aspek kognitif dan psikomotorik
Subjects: Fiqih
Sosial > Pendidikan
Sosial > Pendidikan > Guru
Sosial > Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Jurusan Tarbiyah > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Perpustakaan STAIN Kudus
Date Deposited: 25 Mar 2017 05:41
Last Modified: 25 Mar 2017 05:41
URI: http://eprints.stainkudus.ac.id/id/eprint/912

Actions (login required)

View Item View Item