PENERAPAN VARIASI METODE PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SD NEGERI 01 BRINGIN BATEALIT JEPARA TAHUN PELAJARAN 2015/2016

Khoiruddin Umam, Adib (2016) PENERAPAN VARIASI METODE PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SD NEGERI 01 BRINGIN BATEALIT JEPARA TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, STAIN Kudus.

[img] Text
01 COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
02 ABSTRAK.pdf

Download (2MB)
[img] Text
03 DAFTAR ISI.pdf

Download (2MB)
[img] Text
04 BAB I.pdf

Download (2MB)
[img] Text
05 BAB II.pdf

Download (589kB)
[img] Text
06 BAB III.pdf

Download (2MB)
[img] Text
07 BAB IV.pdf

Download (2MB)
[img] Text
08 BAB V.pdf

Download (2MB)
[img] Text
09 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB)

Abstract

Latar belakang dalam penelitian ini adalah dalam proses belajar mengajar Mata Pelajaran PAI di di Sekolah Dasar Negeri I Bringin Batealit Jepara kurang mendapat perhatian dalam penggunaan strategi pembelajaran aktif, kreatif dan menyenagkan dalam upaya peningkatan mutu pendidikan yang lebih baik. Sehingga penelitian ini dilakukan dengan tujuan:1.Untuk mengetahui pembelajaran PAI di Sekolah Dasar Negeri I Bringin Batealit Jepara. 2. Untuk menjelaskan penerapan variasi metode pembelajaran PAI di Sekolah Dasar Negeri I Bringin Batealit Jepara. 3. Untuk memahami apasaja faktor yang mendukung dan menghambat keberhasilan penerapan variasi metode pada mata pelajaran PAI di Sekolah Dasar Negeri I Bringin Batealit Jepara. Analisis dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif, dengan lebih banyak bersifat uraian dari hasil wawancara dengan Kepala Sekolah, Guru PAI dan peserta didik dan didukung dengan studi dokumentasi. Data yang telah diperoleh akan dianalisis secara kualitatif serta diuraikan dalam bentuk deskriptif dengan mereduksi data merangkum, memilih hal-hal yang pokok seperti silabus dan RPP serta media pembelajaran, peneliti juga memfokuskan pada hal-hal yang penting, dicari tema dan polanya, yang selanjutnya adalah menarik kesimpulan atau verifikasi. penarikan kesimpulan dengan menetapkan terhadap hasil penafsiran mengenai penerapan variasi metode pembelajaran PAI yang dilakukan guru PAI terhadap penguasaa peserta didik tentang materi yang PAI diajarkan. Hasil analisis data dapat diperoleh temuan-temuan penelitian sebagai berikut: 1) Mata pelajaran PAI di SD N I Bringin Batealit Jepara adalah dengan mengacu pada tujuan PAI itu sendiri yaitu: Menumbuhkembangkan akidah melalui pemberian, pemupukan, dan pengembangan pengetahuan, penghayatan, pengamalan, pembiasaan, serta pengalaman peserta didik 2) Penerapan variasi metode pembelajaran PAI di SD N I Bringin Batealit Jepara adalah dengan melakukan kegiatan sebelum pelajaran dimulai, Seorang Guru membuat Murid-muridnya termotivasi untuk mengikuti pmelajaran dan agar murid antusias pada saat pembelajaran, 3) Faktor yang mendukung dan menghambat keberhasilan penerapan variasi metode pembelajaran pada mata pelajaran PAI di SD N I Bringin Batealit Jepara adalah: pendukung: a. Guru, b Situasi sosial c. Sarana dan prasarana, dan faktor penghambat adalah: a. Peserta didik 1) Intelegensi siswa 2) Motivasi siswa b. Guru, Faktor penghambat dalam proses pembejaran disini adalah: 1) Guru dalam menerapkan strategi ini tidak dapat mengontrol c. Tidak semua materi pelajaran bisa menggunakan Variasi metode d. Alokasi waktu.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Variasi Metode Pembelajaran; Pendidikan Agama Islam; Sekolah Dasar
Subjects: Sosial > Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Sosial > Pendidikan > Siswa, Peserta Didik
Sosial > Pendidikan > Pendidikan Dasar
Sosial > Pendidikan > Sekolah dan Agama
Divisions: Jurusan Tarbiyah > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Perpustakaan STAIN Kudus
Date Deposited: 25 Mar 2017 05:47
Last Modified: 25 Mar 2017 05:47
URI: http://eprints.stainkudus.ac.id/id/eprint/913

Actions (login required)

View Item View Item