IMPLEMENTASI LAYANAN BIMBINGAN KARIR TERHADAP PERKEMBANGAN KARIR PESERTA DIDIK DI MADRASAH ALIYAH HASYIM ASY’ARI KECAMATAN BANGSRI KABUPATEN JEPARA TAHUN AJARAN 2016/2017

Mukhamadun, Mukhamadun (2017) IMPLEMENTASI LAYANAN BIMBINGAN KARIR TERHADAP PERKEMBANGAN KARIR PESERTA DIDIK DI MADRASAH ALIYAH HASYIM ASY’ARI KECAMATAN BANGSRI KABUPATEN JEPARA TAHUN AJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, STAIN Kudus.

[img] Text
1.COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (938kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (950kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (884kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (980kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (886kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (864kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Implementasi Layanan Bimbingan Karir terhadap Perkembangan Karir Peserta Didik di Madrasah Aliyah Hasyim Asy’ari Kecamatan Bangsri Kabupaten Jepara Tahun Ajaran 2016/2017. Fokus penelitian ini dijabarkan menjadi pertanyaan; (1) Bagaimana bentuk layanan bimbingan karir serta upaya pengembangan karir melalui layanan bimbingan karir bagi peserta didik, (2) Apa saja hambatan-hambatan dan bagaimana solusi untuk menyelesaikan hambatan-hambatan dalam layanan bimbingan karir bagi peserta didik, (3) Bagaimana hasil dari implementasi layanan bimbingan karir terhadap perkembangan karir peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian survey lapangan dengan pendekatan kualitatif etnografi. Pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Metode analisis yang digunakan menggunakan reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Adapun lokasi penelitiannya sendiri adalah di Madrasah Aliyah Hasyim Asy’ari Kecamatan Bangsri Kabupaten Jepara. Hasil penelitian ini dapat dilihat bahwa; (1) Bimbingan karir di Madrasah dilkasanakan dengan bentuk, (a)Layanan informasi tentang diri sendiri yang direalisasikan dengan pemberian informasi mengenai jurusan yang dapat dimasuki dengan kemampuan peserta didik untuk kelas X yang akan memilih jurusan IPA/IPS. Untuk kelas XII memberikan informasi mengenai PTN/PTS yang dapat dimasuki dengan nilai rata-rata peserta didik serta pemberian arahan untuk selalu giat belajar, berdo’a kepada Allah SWT dan selalu berperilaku sopan, (b)Layanan informasi tentang lingkungan hidup yang relevan bagi perencanaan karir yang direalisasikan dengan pemberian informasi mengenai peluang kerja atau PTN/PTS setelah lulus nanti jika memilih jurusan IPA/IPS kekelas XI bagi kelas X. Untuk kelas XII diberikan informasi mengenai PTN/PTS serta jalur pendaftarannya dan peluang-peluang bagaimana mendapatkan beasiswa setelah lulus nanti, (c)Usaha-usaha untuk membantu peserta didik dalam merencanakan masa depannya yang direalisasikan dengan pemberian arahan bagi kelas X untuk selalu menaikkan nilai dari semester ke semester agar nantinya setelah lulus nanti dapat masuk dengan mudah ke PTN/PTS yang di inginkan serta mendapatkan beasiswa. Untuk kelas XII di berikan informasi mengenai jalur pendaftaran ke PTN/PTS dan cara mendapatkan beasiswa, (d)Orientasi yang direalisasikan dengan informasi bagi kelas X mengenai peluang jurusan IPA/IPS, kerja atau studi lanjut. Kelas XII diberikan informasi mengenai PTN/PTS serta Upaya yang dilakukan Madrasah dalam membantu mengembangkan karir peserta didik adalah menggunakan strategi atau metode Achievement motivation training, Assesment techniques, Career days, Creative experience, Decition making training, Field trips, Individualized education, Media, Occupational information system, Placement, Prevocational exploratory programs, Role playing, Simulation, Social modeling, Value clarification, Resource person, (2) Hambatan pelaksanaan bimbingan karir di Madrasah disebabkan karena faktor Guru BK. Guru BK yang sudah ada bukan guru tetap, melainkan guru bantuan dari sekolah lain. Untuk mengatasi hal tersebut pihak madrasah sudah merencanakan untuk menambah Guru BK, (3) Peserta didik di Madrasah mampu memilih jurusan ke kelas XI IPA/IPS bagi peserta didik kelas X secara optimal dan peserta didik mampu memilih PTN/PTS yang sesuai harapan peserta didik itu sendiri dan bagaimana jalur pendaftaranya bagi kelas XII.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Bimbingan karir; Perkembangan karir peserta didik
Subjects: Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam > Pemurnian dan Pembaharuan Pemikiran Islam
Sosial > Interaksi Sosial > Komunikasi
Sosial > Pendidikan > Siswa, Peserta Didik
Divisions: Jurusan Dakwah dan Komunikasi > Prodi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Perpustakaan STAIN Kudus
Date Deposited: 25 Mar 2017 05:48
Last Modified: 25 Mar 2017 05:54
URI: http://eprints.stainkudus.ac.id/id/eprint/914

Actions (login required)

View Item View Item