PENGARUH CURAHAN TENAGA KERJA DAN HARGA JUAL TERHADAP PENDAPATAN PETANI GARAM DI DESA KERTOMULYO KECAMATAN TRANGKIL KABUPATEN PATI

Prahasti, Pristiyas (2017) PENGARUH CURAHAN TENAGA KERJA DAN HARGA JUAL TERHADAP PENDAPATAN PETANI GARAM DI DESA KERTOMULYO KECAMATAN TRANGKIL KABUPATEN PATI. Undergraduate thesis, STAIN Kudus.

[img] Text
01. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
02. ABSTRAK.pdf

Download (855kB)
[img] Text
03. DAFTAR ISI.pdf

Download (957kB)
[img] Text
04. BAB I.pdf

Download (1MB)
[img] Text
05. BAB II.pdf

Download (1MB)
[img] Text
06. BAB III.pdf

Download (1MB)
[img] Text
07. BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
08. BAB V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (935kB)

Abstract

Sasaran utama pembangunan pertanian adalah peningkatan produksi pertanian dan pendapatan petani, terutama pada petani garam. Faktor produksi tersebut diantaranya yaitu tenaga kerja disoroti sebagai elemen ekonomi yang paling bertanggung jawab atas rendahnya tingkat produktivitas pertanian traditional dan juga harga sebagai salah satu faktor yang sulit dikendalikan.Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis dan menguji pengaruh curahan tenaga kerja dan harga jual terhadap pendapatan petani garam di Desa Kertomulyo Kecamatan Trangkil Kabupaten Pati. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan field research. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik purposive sampling. Sampel yang diambil dalam penelitian ini sejumlah 42 petani garam di Desa Kertomulyo Kecamatan Trangkil Kabupaten Pati. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan jenis penelitian lapangan. Metode analisis data menggunakan metode analisis regresi berganda. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh curahan tenaga kerja terhadap pendapatan petani garam, dengan nilai sebesar 2.293. Terdapat pengaruh harga jual terhadap pendapatan petani garam, dengan nilai sebesar 4.965. Secara simultan terdapat pengaruh tenaga kerja dan harga jual terhadap pendapatan petani garam dengan nilai sebesar 42.212. Secara koefisien determinasi menunjukkan bahwa penelitian ini memiliki kontribusi sebesar 66.8%. Sisanya 33.2% dipengaruhi oleh variabel lain di luar penelitian ini. Adapun keterbatasan dalam penelitian ini adalah pengambilan sampel yang digunakan hanya 42 responden, sehingga penelitian kurang maksimal.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Curahan Tenaga Kerja; Harga Jual dan Pendapatan Petani Garam
Subjects: Sosial > Ilmu Ekonomi
Sosial > Ilmu Ekonomi > Ekonomi Perburuhan
Sosial > Ilmu Ekonomi > Ekonomi Perburuhan > Kondisi karyawan kelaskan disini upah, gaji, pensiun, jam kerja
Sosial > Ilmu Ekonomi > Ekonomi Keuangan
Divisions: Jurusan Syariah dan Ekonomi Islam > Prodi Ekonomi Syariah
Depositing User: Perpustakaan STAIN Kudus
Date Deposited: 22 Apr 2017 02:27
Last Modified: 22 Apr 2017 02:27
URI: http://eprints.stainkudus.ac.id/id/eprint/917

Actions (login required)

View Item View Item