IMPLEMENTASI TEKNIK PEMBELAJARAN ROTATING REVIEW DALAM MENINGKATKAN BERPIKIR AKTIF, KRITIS, DAN ANALITIS PADA MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAK DI MTS NU NURUL HUDA KALIWUNGU KUDUSTAHUN PELAJARAN 2016/ 2017

Anisa, Nurul (2017) IMPLEMENTASI TEKNIK PEMBELAJARAN ROTATING REVIEW DALAM MENINGKATKAN BERPIKIR AKTIF, KRITIS, DAN ANALITIS PADA MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAK DI MTS NU NURUL HUDA KALIWUNGU KUDUSTAHUN PELAJARAN 2016/ 2017. Undergraduate thesis, STAIN Kudus.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (1MB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (1MB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (1MB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (2MB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Implementasi teknik pembelajaran rotating review pada mata pelajaran aqidah akhlak di MTs NU Nurul Huda Kaliwungu Kudus, 2) Upaya guru dalam meningkatkan kemampuan berpikir aktif, kritis, dan analitis siswa pada mata pelajaran aqidah akhlak di MTs NU Nurul Huda Kaliwungu Kudus, 3) Faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan teknik pembelajaran rotating review pada mata pelajaran aqidah akhlak. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif, sedangkan pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan deskriptif analisis. Dan penyususnan skripsi ini menggunakan jenis penelitian lapangan atau field research, yaitu penelitian yang data informasinya diperoleh dari lapangan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer meliputi wawancara kepada kepala Madrasah, waka kurikulum, guru mata pelajaran aqidah akhlak, siswa kelas VIII dan data sekunder yang berasal dari buku maupun informasi lain yang relevan dengan penelitian ini. Hasil penelitian ini menunjukan sebagai berikut: 1)Implementasi teknik pembelajaran rotating review pada mata pelajaran aqidah akhlak yakni, pelaksanaan pembelajaran aqidah akhlak mencakup tiga kegiatan pokok yaitu perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, dan evaluasi pembelajaran. Serta menerapkan teknik pembelajaran rotating review dengan media poster. 2) Upaya guru dalam meningkatkan berpikir aktif, kritis dan analitis siswa yaitu dengan menerapkan teknik pembelajaran rotating review, sehingga siswa akan lebih aktif, dan pembelajaran lebih menyenangkan. Karena guru dituntut untuk terampil dan kreatif dalam mengajar. Sehingga siswa dapat aktif dan mampu memecahkan masalah, serta semakin percaya diri mengemukakan pendapat di depan teman- temannya dan guru. 3) faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan pembelajaran aqidah akhlak dengan menggunakan teknik pembelajaran rotating review. Faktor pendukungnya yaitu, berasal dari guru sendiri, antusias siswa terhadap pelajaran dengan menjaga perhatian, juga berasal dari sumber belajar. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu kondisi siswa, dan waktu. Sedangkan untuk solusinya terkait kondisi siswa adalah memberi arahan bahwa belajar itu penting, terkait untuk masalah waktu yaitu pihak sekolah menambah jam pelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan berpikir aktif; kritis dan analitis siswa; teknik pembelajaran rotating review
Subjects: Aqaid dan Ilmu Kalam
Sosial > Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Jurusan Tarbiyah > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Perpustakaan STAIN Kudus
Date Deposited: 22 Apr 2017 03:22
Last Modified: 22 Apr 2017 03:23
URI: http://eprints.stainkudus.ac.id/id/eprint/925

Actions (login required)

View Item View Item