STUDI ANALISIS HUKUM ISLAM TERHADAP KESADARAN HUKUM MENGENAI PELANGGARAN LALU LINTAS DALAM KEPEMILIKAN SIM OLEH MAHASISWA PRODI AS STAIN KUDUS ANGKATAN TAHUN 2012

Lutfiah, Dewi (2017) STUDI ANALISIS HUKUM ISLAM TERHADAP KESADARAN HUKUM MENGENAI PELANGGARAN LALU LINTAS DALAM KEPEMILIKAN SIM OLEH MAHASISWA PRODI AS STAIN KUDUS ANGKATAN TAHUN 2012. Undergraduate thesis, STAIN Kudus.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (967kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (1MB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (1MB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (3MB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (1MB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (4MB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB)

Abstract

Menurut Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 Pasal 81 ayat (2) Tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan menyatakan bahwa, setiap pengemudi sepeda motor di jalan wajib memiliki SIM. SIM yang digunakan pengendara sepeda motor adalah SIM C, SIM C dapat diperoleh jika seseorang telah memenuhi persyaratan, yaitu telah berumur minimal 17 (tujuh belas) tahun, lulus ujian praktik maupun tertulis. Sebagai seorang mahasiswa yang memiliki tingkat pendidikan yang tinggi, seharusnya semakin tinggi pula tingkat kesadaran hukumnya dalam berlalu lintas. Sayangnya masih banyak dijumpai pengendara sepeda motor yang berstatus mahasiswa STAIN Kudus yang melakukan pelanggaran lalu lintas khususnya tidak memiliki SIM. Padahal usia mereka sudah dapat memenuhi persyaratan baik teknis maupun psikologis dalam pembuatan SIM khususnya SIM C. Penelitian ini memfokuskan pada kesadaran hukum para mahasiswa STAIN Kudus khususnya prodi AS angkatan tahun 2012 mengenai pelanggaran lalu lintas yang dilakukan karena tidak memiliki SIM C dan yang sudah memiliki SIM C. Jenis penelitian ini adalah field research atau penelitian lapangan yang diperkaya dengan data kepustakaan. Data penelitian ini adalah data yang relevan dari lapangan dengan teknik wawancara dengan beberapa mahasiswa STAIN Kudus prodi AS angkatan tahun 2012 yang belum memiliki SIM dan mahasiswa yang sudah memiliki SIM serta data dari literatur-literatur yang berhubungan dengan subjek penelitian. Setelah dilakukan penelitian, mahasiswa STAIN Kudus prodi AS angkatan tahun 2012 yang belum memiliki SIM banyak yang sudah tahu mengenai peraturan tentang SIM namun tidak memahami peraturan tersebut dengan tidak membuat SIM. Alasannya, selagi bisa menghindari razia tertib lalu lintas maka masih aman-aman saja, ataupun karena jarang bepergian jauh keluar kota. Sedangkan mahasiswa prodi AS STAIN Kudus angkatan tahun 2012 yang sudah memiliki SIM ada yang beralasan juga karena takut terkena tilang dan supaya aman waktu bepergian mengendarai sepeda motor sendiri.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: UU Lalu Lintas dan Angkutan Jalan; SIM; Kesadaran Hukum; Mahasiswa; STAIN Kudus
Subjects: Sosial > Hukum
Divisions: Jurusan Syariah dan Ekonomi Islam > Prodi Ahwal Syakhsiyyah
Depositing User: Perpustakaan STAIN Kudus
Date Deposited: 22 Apr 2017 03:29
Last Modified: 22 Apr 2017 03:29
URI: http://eprints.stainkudus.ac.id/id/eprint/926

Actions (login required)

View Item View Item