ANALISIS PENENTUAN POLA PRODUKSI DALAM MENINGKATKAN EFISIENSI PERUSAHAAN (STUDI PADA KONVEKSI SERAGAM MONALISA DISENDANG KALINYAMATAN JEPARA)

Khifdiyah, Eyla Nailal (2017) ANALISIS PENENTUAN POLA PRODUKSI DALAM MENINGKATKAN EFISIENSI PERUSAHAAN (STUDI PADA KONVEKSI SERAGAM MONALISA DISENDANG KALINYAMATAN JEPARA). Undergraduate thesis, STAIN Kudus.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (970kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (915kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (1MB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (2MB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (1MB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (3MB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB)

Abstract

Seiring dengan perkembangan teknologi yang semakin pesat serta mulainya era globalisasi menjadikan aktivitas dalam dunia bisnis semakin padat sehingga tingkat persaingan yang terjadi .semakin tajam. Oleh karena itu penentuan kebijakan dan strategi manajemen yang tepat menjadi faktor penting untuk mencapai tujuan perusahaan, maka sebelum membuat perencanaan produk terlebih dahulu dianalisis pangsa pasar yang akan dimasuki dengan sistem informasi produksi, dimana pada tingkat tertentu dianggap paling menguntungkan bagi perusahaan serta dapat memenuhi kebutuhan dan kepuasan konsumen. Namun terkadang dihadapkan pada permasalahan jika permintaan konsumen tidak menentu atau berfluktuasi, maka diperlukan alternatif pola produksi yang sesuai agar dapat memenuhi penjualan dengan biaya seminimal mungkin, sehingga dapat mencapai keuntungan maksimal. Adapun macam-macam pola produksi yang digunakan dalam penelitian ini adalah pola produksi dalam menyusun dan mengatur perencanaan produksi serta pola produksi dalam pengendalian produksi. Masalah yang akan dicari jawabannya dalam penelitian ini adalah apakah penentuan pola produksi yang dilaksanakan oleh perusahaan konveksi Monalisa sudah tepat, sehingga dapat meminimalkan biaya tambahan perusahaan sehingga dapat meningkatkan efisiensi perusahan. Sejalan dengan perumusan masalah tersebut, maka tujuan dan penelitian adalah untuk mengetahui berapa besar pengaruh pola produksi yang sudah di terapkan dalam perusahaan dan mencari solusi dalam meningkatkan efisiensi perusahaan sehingga tidak terjadi adanya biaya tambahan (incremental cost). Sumber data yang diperlukan dalam penelitian ini adalah data sekunder yang dikumpulkan melalui teknik interview dan studi pustaka. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan jenis penelitian Mild research dan menggunakan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dan data yang sudah dikumpulkan selanjutnya diuji keabsahannya dan dianalisis dengan menggunakan reduksi data (data reduksi), penyajian data (data display), dan kesimpulan (verifacation). Adapun hasil dan penelitian yang dilakukan penulis, ditemukan bahwa pola produksi yang diterapkan dalam perusahaan konveksi seragam Monalisa adalah menyediakan persediaan bahan baku didalam gudang, agar tidak terjadi keurangan bahan baku dan sistem pengendalian produksi diperusahaan mengacu pada permintaan pasar tetapi proses produksi dalam setiapnharinya berjalan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Persediaan bahan baku; pengendalian produksi; pola produsi
Subjects: Ilmu Terapan/Teknologi > Bisnis
Ilmu Terapan/Teknologi > Bisnis > Manajemen > Manajemen Pabrik
Ilmu Terapan/Teknologi > Bisnis > Manajemen > Marketing, Manajemen Distribusi
Divisions: Jurusan Syariah dan Ekonomi Islam > Prodi Manajemen Bisnis Syariah
Depositing User: Perpustakaan STAIN Kudus
Date Deposited: 22 Apr 2017 03:36
Last Modified: 22 Apr 2017 03:36
URI: http://eprints.stainkudus.ac.id/id/eprint/927

Actions (login required)

View Item View Item