IMPLEMENTASI TEKNIK TEAM STATEMENT DALAM MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA DALAM MATA PELAJARAN AL-QUR’AN HADIST DI MA NU NURUL ULUM JEKULO KUDUS TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Abidin, Khoirul (2017) IMPLEMENTASI TEKNIK TEAM STATEMENT DALAM MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA DALAM MATA PELAJARAN AL-QUR’AN HADIST DI MA NU NURUL ULUM JEKULO KUDUS TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, STAIN Kudus.

[img] Text
1. Cover.pdf

Download (3MB)
[img] Text
2. Abtrak.pdf

Download (2MB)
[img] Text
3. Daftar Isi.pdf

Download (563kB)
[img] Text
4. Bab 1.pdf

Download (2MB)
[img] Text
5. Bab II.pdf

Download (2MB)
[img] Text
6. Bab III.pdf

Download (2MB)
[img] Text
7. Bab IV.pdf

Download (2MB)
[img] Text
8. Bab V.pdf

Download (2MB)
[img] Text
9. daftar pustaka.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui implementasi teknik Team Statement dalam meningkatkan keaktifan belajar siswa dalam mata pelajaran al-Qur’an Hadist di MA NU Nurul Ulum Jekulo Kudus tahun pelajaran 2016/2017, 2) untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat implementasi teknik Team Statement dalam meningkatkan keaktifan belajar siswa dalam mata pelajaran al-Qur’an Hadist di MA NU Nurul Ulum Jekulo Kudus tahun pelajaran 2016/2017, 3) untuk mengetahui solusi faktor penghambat dalam implementasi teknik Team Statement pada pembelajaran Al-Qur’an Hadist di MA NU Nurul Ulum Jekulo Kudus tahun 2016/2017. Penelitian ini menggunakan teknik Field Researh (penelitian lapangan) yang disajikan secara deskripif kualitatif. Kemudian data yang telah terkumpul melalui observasi lapangan yakni dengan mengamati peserta didik baik didalam kelas maupun diluar kelas, wawancara dengan sumber data primer yakni guru mata pelajaran Al-Qur’an Hadist kelas X, Kepala Madrasah, dan Peserta didik. Serta data sekunder yakni, guru piket wali kelas, dan peserta didik lain, dan dokumentasi administrasi akan dianalisa dengan pendekatan kualitatif deskriptif untuk mengetahui bagaimana implementasi teknik Team Statement pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadist kelas X MA NU Nurul Ulum Jekulo Kudus. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Untuk mengembangkan keaktifan belajar siswa melalui teknik Team Statement pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadist di MA NU Nurul Ulum Jekulo Kudus pada dasarnya sudah berjalan dengan baik sehingga menghasilkan peserta didik yang kritis dan kreatif dalam menyampaikan pendapat dan memecahkan permasalahan, dilihat juga dari kesiapan guru mengenai adanya rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), pelaksanaan sampai tahap akhir yaitu evaluasi. 2) Faktor pendukung pada implementasi teknik Team Statement meliputi: dukungan dari madrasah, sarana prasarana yang memadai, dan tenaga pendidik yang profesional. Adapun faktor penghambatnya yaitu siswa suka main sendiri, sulit dikondisikan, kurang berkonsentrasi, dan suka tidak memperhatikan guru, dan lainnya., 3) Solusi dari faktor penghambat implementasi teknik Team Statement di MA NU Nurul Ulum jekulo Kudus berupa melakukan beberapa pendekatan kepada siswa agar mereka mau belajar dengan sungguh-sungguh, memahami karakteristik siswa, memahami kemampuan anak didik dan juga menciptakan kondisi lingkungan belajar dengan baik serta menghargai dari seluruh peserta didik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Teknik Team Statement; keaktifan belajar siswa; Al-Qur’an Hadist
Subjects: Sosial > Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Sosial > Pendidikan > Siswa, Peserta Didik
Sosial > Pendidikan > Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan
Divisions: Jurusan Tarbiyah > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Perpustakaan STAIN Kudus
Date Deposited: 22 Apr 2017 04:24
Last Modified: 22 Apr 2017 04:24
URI: http://eprints.stainkudus.ac.id/id/eprint/934

Actions (login required)

View Item View Item