PELAKSANAAN SUPERVISI KLINIS DENGAN PENDEKATAN KOLABORATIF DAN PENDEKATAN KEAGAMAAN DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI MA ROUDLOTUL MUBTADI’IN BALEKAMBANG NALUMSARI JEPARA TAHUN PELAJARAN 2015/2016

Fatimah, Dewi (2017) PELAKSANAAN SUPERVISI KLINIS DENGAN PENDEKATAN KOLABORATIF DAN PENDEKATAN KEAGAMAAN DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI MA ROUDLOTUL MUBTADI’IN BALEKAMBANG NALUMSARI JEPARA TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, STAIN Kudus.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (948kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (1MB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (1MB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (1MB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (1MB)
[img] Text
7.BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (861kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui mengetahui konsep supervisi klinis menurut MA Roudlotul Mubtadi’in Nalumsari Balekambang Jepara, untuk mengetahui persiapan yang dilakukan sebelum pelaksanaan, metode yang dipakai, evaluasi supervisi klinis dengan pendekatan kolaborasi dan pendekatan keagamaan dalam meningkatkan kompetensi profesional guru Pendidikan Agama Islam di MA Roudlotul Mubtadi’in Nalumsari Balekambang Jepara.. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) yang bersifat deskriptif, pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan menggunakan metode diskriptif. Sumber data dalam penelitian ini sumber data primer, sumber data sekunder. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsep supervisi merupakan supervisi atau proses pengawasan dan controlling yang dilakukan oleh supervisor dalam hal ini tim pengendali mutu pembelajaran (TPMP), dimana masing-masing anggota TPMP melakukan supervisi ke guru sejumlah yang telah ditentukan dalam rapat TPMP yang bertujuan untuk meningkatkan dedikasi dan loyalitas guru sehingga merasa terbina dalam suasana aman, sehingga lahirlah inisiatif, aktivitas, kreatifitas untuk mencapai tujuan pembelajaran di MA Roudlotul Mubtadi’in Nalumsari Balekambang Jepara. Persiapan yang dilakukan sebelum pelaksanaan supervisi klinis adalah pembentukan Tim pengendali mutu pembelajaran (TPMP), dimana masing-masing anggota TPMP melakukan supervisi ke beberapa guru sesuai dengan rapat TPMP. Metode yang dipakai MA Roudlotul Mubtadi’in dalam pelaksanaan supervisi klinis yaitu dengan menganalisis permasalahan yang muncul saat proses belajar dan mengajar dilaksanakan misalnya adanya siswa yang berbicara dengan siswa lain, adanya nilai siswa yang dibawah KKM dan lain sebagainya. Dengan adanya permasalahan tersebut kemudian dipecahkan dengan pendekatan kolaboratif yaitu secara direktif dengan memberikan masukan kepada guru pengampu mata pelajaran mengenai solusi permasalahan tersebut, sedangkan secara non direktif dilakukan dengan cara melakukan koreksi pada RPP (rencana pelaksanaan pembelajaran) dengan memasukkan metode lain guna mengurangi permasalahan belajar. Di samping itu juga dilakukan dengan pendekatan keagamaan yaitu dengan menghargai segala pendapat dan keluh kesah guru pengampu mata pelajaran dengan menjadikan guru sebagai mitra dalam proses pembelajaran. Jepara.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Supervisi Klinis; Pendekatan Kolaboratif; Pendekatan Keagamaan; Kompetensi Profesional Guru
Subjects: Agama
Sosial > Pendidikan > Guru
Sosial > Pendidikan > Administrasi Pendidikan
Divisions: Jurusan Tarbiyah > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Perpustakaan STAIN Kudus
Date Deposited: 22 Apr 2017 05:28
Last Modified: 22 Apr 2017 05:28
URI: http://eprints.stainkudus.ac.id/id/eprint/942

Actions (login required)

View Item View Item