PENERAPAN STRATEGI MATRIK INGATAN UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF SISWA DALAM MATERI PEMBELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DI MTS. NU MIFTAHUL FALAH CENDONO DAWE KUDUS TAHUN PELAJARAN 2015/2016

Amaliyah, Maryam Nafisatul (2017) PENERAPAN STRATEGI MATRIK INGATAN UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF SISWA DALAM MATERI PEMBELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DI MTS. NU MIFTAHUL FALAH CENDONO DAWE KUDUS TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, STAIN Kudus.

[img] Text
1.COVER.pdf

Download (4MB)
[img] Text
2.abstrak.pdf

Download (2MB)
[img] Text
3.daftar isi.pdf

Download (2MB)
[img] Text
4.BAB I.pdf

Download (2MB)
[img] Text
5.BAB II.pdf

Download (2MB)
[img] Text
6. BAB III .pdf

Download (2MB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (2MB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (2MB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian yang dilakukan adalah berupa penelitian lapangan. Penelitian ini membahas tentang bagaimana bentuk penerapan strategi matrik ingatan untuk meningkatkan kemampuan kognitif siswa. Penelitian ini berlokasi di Madarasah Tsanawiyah Kecamatan Dawe Kabupaten Kudus. Penelitian ini termasuk penelitian Deskriptif yaitu suatu bentuk penelitian, yang paling besar, dan menggunaka metode kualitatif yaitu penelitian tidak didasarkan pada sampel statistik. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan tentang 1).Bagaimana pengertian strategi matrik ingatan di MTs. NU Miftahul Falah Cendono Dawe Kudus? 2).Bagaimana kemampuan kognitif siswa kelas VIII MTs. NU Miftahul Falah Cendono Dawe Kudus? 3).Bagaimana penerapan Strategi Matriks Ingatan untuk meningkatkan kemampuan kognitif siswa dalam materi pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MTs. NU Miftahul Falah Cendono Dawe Kudus? Selain itu tujuan dari penerapan strategi matrik ingatan pada materi pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam diharapkan Sebagai acuan guru dalam menyampaikan materi pembelajaran yang berkaitan dengan Sejarah Kebudayaan Islam. Agar peserta didik mampu meningkatkan kecakapan kognitifnya dalam membaca dan juga menghafal materi sejarah kebudayaan islam yang telah disampaikan oleh pendidik, untuk mengefektifkan pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam dan dapat meningkatkan kemampuan kognitif siswa. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif yang bertujuan memberikan gambaran mengenai permasalahan yang diteliti, pengumpulan data wawancara, dokumentasi, dan triangulasi. Hasil penelitian yang didapatkan menyebutkan bahwa penerapan strategi matrik ingatan adalah strategi yang mampu meningkatkan kemampuan kognitif siswa. Strategi matrik ingatan adalah Strategi yang berbentuk matrik yang terdiri dari baris-baris dan kolom-kolom kosong. Dengan menggunakan strategi ini, guru dapat mengevaluasi kekuatan daya ingat siswa akan materi pelajaran yang telah disampaikan. Selanjutnya, kemampuan kognitif siswa dikatakan kurang maksimal sebelum diterapkannya strategi matrik ingatan tersebut, setelah diterapkan strategi tersebut, nilai siswa cukup meningkat. Sedangkan mengenai penerapan strategi matrik ingatan tersebut adalah setelah guru menjelaskan materi, guru membuat matrik kosong yang terdiri dari kolom dan baris yang harus diisi oleh siswa. Dan setelah siswa mengerjakan, maka guru siap mengoreksi dan nilainya akan masuk pada nilai tugas.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Matrik Ingatan; Kemampuan Kognitif Siswa; Sejarah Kebudayaan Islam
Subjects: Sosial dan Budaya Islam > Kesenian dan Kebudayaan Islam
Sosial > Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Jurusan Tarbiyah > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Perpustakaan STAIN Kudus
Date Deposited: 11 May 2017 03:20
Last Modified: 11 May 2017 03:20
URI: http://eprints.stainkudus.ac.id/id/eprint/979

Actions (login required)

View Item View Item