STRATEGI GURU DALAM PENGEMBANGAN KETERAMPILAN BERIBADAH PESERTA DIDIK PADA SENTRA AGAMA (STUDI KASUS DI PAUD KHARISMA KIDS TUNGGUL PANDEAN NALUMSARI JEPARA) TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Munawwaroh, Siti (2017) STRATEGI GURU DALAM PENGEMBANGAN KETERAMPILAN BERIBADAH PESERTA DIDIK PADA SENTRA AGAMA (STUDI KASUS DI PAUD KHARISMA KIDS TUNGGUL PANDEAN NALUMSARI JEPARA) TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, STAIN Kudus.

[img] Text
FILE 2 ABSTRAK.pdf

Download (2MB)
[img] Text
FILE 3 DAFTAR ISI.pdf

Download (2MB)
[img] Text
FILE 4 BAB I.pdf

Download (2MB)
[img] Text
FILE 5 BAB II.pdf

Download (2MB)
[img] Text
FILE 6 BAB III.pdf

Download (2MB)
[img] Text
FILE 7 BAB IV.pdf

Download (2MB)
[img] Text
FILE 8 BAB V.pdf

Download (2MB)
[img] Text
FILE 9 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB)

Abstract

Berdasarkan observasi yang dilakukan peneliti, tidak semua strategi pembelajaran berjalan sesuai dengan yang diharapkan. Sehingga perlu dilakukan penelitian terlebih dahulu, terutama pada aspek pengembangan keterampilan beribadah, agar hal-hal yang tidak diinginkan dapat terkendali dengan baik Penelitian ini bertujuan : 1) untuk mengetahui strategi guru dalam pengembangan keterampilan peserta didik pada sentra agama di PAUD kharisma kids tunggul pandean nalumsari jepara, 2) Untuk mendeskripsikan faktor-faktor yang mendukung dan menghambat pelaksanaan strategi pembelajaran dalam pengembangan keterampilan peserta didik pada sentra agama di PAUD kharisma kids tunggul pandean nalumsari jepara. Metode penelitian yang peneliti gunakan adalah jenis penelitian field research dan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, sumber data yang mencakup (data primer: yang diperoleh langsung dari subyek sebagai sumber informan yang dicari dan data sekunder ini peneliti peroleh dari dokumen, arsip, buku-buku literatur dan skripsi terdahulu) dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis datanya menggunakan reduksi data, data display (penyajian data), dan kesimpulan data (verifikasi). Hasil ini menunjukkan bahwa 1)Pelaksanaan pembelajaran dilakukan di awal dan diakhir kegiatan pembelajaran. Sebelum pembelajaran ada yang harus dipersiapkan terlebih dahulu oleh guru, yaknidengan menetapkan tujuan pembelajaran, merumuskan pendekatan, menyeleksi strategi atau metode, menyiapkan alat atau media yang digunakan. Dalam menyampaikan materi pembelajaran sentra agama, guru biasanya langsung praktik dan menggunakan beragam alat peraga diantaranya gambar-gambar gerakan sholat, gerakan wudlu, dan huruf hijaiyyah. Sehingga peserta didik tertarik dalam mengikuti pembelajaran.2) Faktor yang menjadi pendukung adalah guru yang sudah berkompeten dalam bidangnya, serta sarana dan prasarana lembaga yang cukup lengkap. Sedangkan faktor penghambatnya adalah lingkungan keluarga yang kurang mendukung anaknya dalam minat belajarnya, lingkungan masyarakat yang kurang agamis dan lemahnya peserta didik dalam menerima materi pembelajaran. Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkanpeneliti selanjutnya yang ingin melakukan penelitian lebih lanjut tentang strategi pengembangan keterampilan peserta didik yang lain agar dapat memberikan kontribusi terhadap khasanah keilmuan khususnya dibidang kependidikan, sehingga dapat diharapkan memberikan peningkatan keterampilan beribadah dan dapat memberikan semangat kepada peserta didik untuk senantiasa berkembang, dan senang belajar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Strategi Pembelajaran; Pengembangan Keterampilan Beribadah Pada Sentra Agama
Subjects: Agama
Fiqih > Ibadah
Sosial > Pendidikan > Guru
Sosial > Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Jurusan Tarbiyah > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Perpustakaan STAIN Kudus
Date Deposited: 11 May 2017 03:38
Last Modified: 11 May 2017 03:38
URI: http://eprints.stainkudus.ac.id/id/eprint/982

Actions (login required)

View Item View Item