WASIAT LARANGAN MTQ MBAH KYAI M. ARWANI AMIN BERDASAR Q.S. AL-BAQARAH AYAT 41 MENURUT PERSEPSI Z|URRIYAH DAN SANTRI SENIOR DI KUDUS

Fahrurriza, Alif (2017) WASIAT LARANGAN MTQ MBAH KYAI M. ARWANI AMIN BERDASAR Q.S. AL-BAQARAH AYAT 41 MENURUT PERSEPSI Z|URRIYAH DAN SANTRI SENIOR DI KUDUS. Undergraduate thesis, STAIN Kudus.

[img] Text
1. Cover.pdf

Download (618kB)
[img] Text
2. Abstrak.pdf

Download (223kB)
[img] Text
4. Daftar Isi.pdf

Download (327kB)
[img] Text
5. Bab I.pdf

Download (526kB)
[img] Text
6. Bab II.pdf

Download (579kB)
[img] Text
7. Bab III.pdf

Download (357kB)
[img] Text
8. Bab IV.pdf

Download (676kB)
[img] Text
9. Bab V.pdf

Download (383kB)
[img] Text
10. Daftar Pustaka.pdf

Download (331kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memecahkan berbagai persoalan yaitu : Penafsiran Q.S. Al-Baqarah Ayat 41, larangan Mbah Kyai Arwani mengikuti MTQ kepada para santri dan persepsi z|urriyah dan santri senior mengenai larangan tersebut. untuk memecahkan masalah tersebut menggunakan penelitian lapangan, pendekatan penelitiannya menggunakan pendekatan kualitatif, pengumpulan datanya dengan observasi dan wawancara dengan z|urriyah dan santri senior, analisis datanya menggunakan analisis diskriptif dan analisis isi dan kerangka teorinya menggunakan kerangka teori hermeneutik. Adapun temuan penelitian ini adalah: Para mufassir memahami ayat wa la> tasytaru> bi a>ya>ti> s|amanan qali>la> ini ditujukan kepada kaum Yahudi dan Nasrani yang telah merubah isi kitab Perjanjian Lama dan Perjanjian Baru, dan ayat ini juga tidak diperuntukkan sebagai dalil pelarangan “menjual ayat” secara h}arfiyah tetapi menggunakan maja>z isyti’a>roh ma’niyah yang artinya bahwa ayat ini tidak bisa dimaknai dengan makna asli “menjual” yang berkaitan dengan materi, Mbah Kyai M. Arwani Amin memandang Al-Qur’an sebagai suatu yang sangat sakral yang tidak boleh disia-siakan dan tidak patut untuk disandingkan dengan dunia, harta maupun tahta, ia lebih tinggi daripada itu, maka dari itu ketika orang membaca al-Qur’an atau menghafalnya harus disertai dengan niat yang agung hanya karena Allah saja, Mbah Kyai M. Arwani memiliki pandangan bahwa jika al-Qur’an ini dilombakan maka niat para peserta lomba tentu berorientasi pada kemenangan dan hadiah yang akan diperoleh juga disertai dengan rasa saling mejatuhkan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Al-Baqarah Ayat 41; Mbah Kyai Arwani Amin; z|urriyah dan santri senior; Partisipasi MTQ
Subjects: Al-Qur`an dan Ilmu yang berkaitan
Al-Qur`an dan Ilmu yang berkaitan > Kumpulan Ayat-ayat & Surat-Surat Tertentu
Al-Qur`an dan Ilmu yang berkaitan > Musabaqah Tilawatil Qur’an
Divisions: Jurusan Ushuluddin > Prodi Ilmu Al-Quran dan Tafsir
Depositing User: Perpustakaan STAIN Kudus
Date Deposited: 11 May 2017 03:47
Last Modified: 11 May 2017 03:48
URI: http://eprints.stainkudus.ac.id/id/eprint/983

Actions (login required)

View Item View Item