STUDI KOMPARASI PENDIDIKAN ISLAM MASA PRENATAL MENURUT DR. H. BAIHAQI A.K. DENGAN DR. MANSUR M.A.

Karimul Aziz, Karimul Aziz (2017) STUDI KOMPARASI PENDIDIKAN ISLAM MASA PRENATAL MENURUT DR. H. BAIHAQI A.K. DENGAN DR. MANSUR M.A. Undergraduate thesis, STAIN Kudus.

[img] Text
1. BAGIAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (863kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (868kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (940kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (960kB)
[img] Text
6. Bab III.pdf

Download (877kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (2MB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (871kB)

Abstract

Anak merupakan generasi penerus bangsa, maka baik buruknya bangsa di masa depan sangat ditentukan oleh anak di masa sekarang, pendidikan prenatal adalah salah satu upaya menciptakan generasi penerus yang berkualitas sejak dini sebelum mereka dilahirkan, penelitian ini mengacu pada pendidikan islam masa prenatal menurut Dr. H. Baihaqi A.K. dalam bukunya Mendidik Anak Dalam Kandungan dan pendidikan islam masa prenatal menurut Dr. Mansur M.A. dalam bukunya Mendidik Anak Sejak Dalam Kandungan, beserta perbandingannya. Jenis penelitian yang digunakan dalam skripsi ini adalah penelitian kepustakaan ( library research). pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif analitik. Adapun pengumpulan data dalam penelitian ini diambil dari sumber tertulis (dokumentasi). Sumber data yang digunakan meliputi sumber primer dan sekunder. Sumber primer yaitu pemikiran Dr. H. Baihaqi A.K. dalam bukunya Mendidik Anak Dalam Kandungan dan pemikiran Dr. Mansur M.A. dalam bukunya Mendidik Anak Sejak Dalam Kandungan data sekunder yaitu buku-buku yang relevan, teknik pengumpulan data, uji keabsahan data, analisis data meliputi Content analisi atau analisis isi metode hermeneutic, induktif, dan metode komparasi. Hasil penelitian dalam skripsi ini pendidikan islam masa prenatal menurut Dr. H. Baihaqi A.K. yaitu: 1) Pendidikan secara fisik: Pengaturan makanan ibu dan katan keluarga, 2) Pendidikan secara psikis atau spiritual: Memenuhi kebutuhan psikhis istri dan stimulasi islami. Sedangkan pendidikan islam masa prenatal menurut Dr. Mansur M.A. yaitu: 1) Pendidikan secara fisik: Pengaturan makanan ibu dan menjaga kesehatan ibu, 2) Pendidikan secara psikhis memberikan stimulasi islami pada anak dalam kandungan. Adapun persamaan dan perbedaannya, persamaannya yaitu: 1) Pengaturan makanan ibu dan, 2) Stimulsi islami, sedang perbedaannya yaitu: Dr. H. Baihaqi A.K menyarankan untuk mempererat ikatan keluarga dan memenuhi kebutuhan psikhis istri, sedangkan Dr. Mansur M.A. tidak membahas dua hal itu. Dan Dr. Mansur M.A. menyarankan untuk menjaga kesehatan ibu dan membahas tentang faktor-faktor yang mempengaruhi proses pendidikan dalam kandungan, sedangkan Dr. H. Baihaqi A.K tidak membahas dua hal itu.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Islam Masa Prenatal; Dr. H. Baihaqi A.K., Mendidik Anak Dalam Kandungan; Dr. Mansur M.A., Mendidik Anak Sejak Dalam Kandungan
Subjects: Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam > Pendidikan Islam
Divisions: Jurusan Tarbiyah > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Perpustakaan STAIN Kudus
Date Deposited: 11 May 2017 04:40
Last Modified: 11 May 2017 04:40
URI: http://eprints.stainkudus.ac.id/id/eprint/991

Actions (login required)

View Item View Item