ANALISIS TINGKAT KESESUAIAN ANTARA SILABUS DAN PELAKSANAAN PROSES PEMBELAJARAN PADA MATA PELAJARAN FIQIH DI MI MIFTAHUL ULUM KEBOROMO TAYU PATI TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Saputra, Ahmad Syafiq Fuadi (2017) ANALISIS TINGKAT KESESUAIAN ANTARA SILABUS DAN PELAKSANAAN PROSES PEMBELAJARAN PADA MATA PELAJARAN FIQIH DI MI MIFTAHUL ULUM KEBOROMO TAYU PATI TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, STAIN Kudus.

[img] Text
FILE 1 COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
FILE 2 ABSTRAK.pdf

Download (2MB)
[img] Text
FILE 3 DAFTAR ISI.pdf

Download (2MB)
[img] Text
FILE 4 BAB I.pdf

Download (2MB)
[img] Text
FILE 5 BAB II.pdf

Download (2MB)
[img] Text
FILE 6 BAB III.pdf

Download (2MB)
[img] Text
FILE 7 BAB IV.pdf

Download (2MB)
[img] Text
FILE 8 BAB V.pdf

Download (2MB)
[img] Text
FILE 9 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mendiskripsikan dan menganalisis proses pembelajaran pada mata pelajaran Fiqih di MI Miftahul Ulum Keboromo Tayu Pati tahun pelajaran 2016/2017, 2) Untuk mendiskripsikan dan menganalisis penggunaan silabus pada mata pelajaran Fiqih di MI Miftahul Ulum Keboromo Tayu Pati tahun pelajaran 2016/2017, 3) Untuk mendiskripsikan dan menganalisis tingkat kesesuaian anatar silabus pembelajaran pada mata pelajaran fiqih yang ada di MI Mifathul Ulum Keboromo Tayu Pati tahun pelajaran 2016/2017. Jenis penelitian ini adalah field research dengan pendekatan kualitatif, dalam pengambilan data berupa wawancara kepada kepala madrasah, waka kurikulum, dan guru mata pelajaran Fiqih, serta pihak-pihak yang dibutuhkan. Selain itu juga melalui observasi langsung beserta dokumentasinya. Untuk menganalisis data menggunakan tahapan sebagai berikut: reduksi data, display data serta pengambilan keputusan dan verifikasi (kesimpulan). Adapun hasil penelitian ini adalah (1) Pada proses pembelajaran Fiqih menggunakan beberapa media dan metode pengajaran yang bervariasi. Media pokok yang sering digunakan pada saat proses pembelajaran adalah buku fiqih terbitan Tiga Serangkai, Buku Lembar Kerja Siswa (LKS) dan Al-Qur’an dan terjemahnya. Sedangkan metode yang digunakan meliputi metode ceramah, metode tanya jawab, metode penugasan dan metode praktik, dan lain sebagainya. (2) Penggunaan silabus pada mata pelajaran fiqih di MI Miftahul Ulum Keboromo Tayu Pati berpedoman pada Kurikulum yang sudah ditetapkan. Proses pembuatannya bekerja sama dalam forum kkg (kelompok kerja guru) kemudian dikembangkan oleh gurunya sendiri sesuai dengan kebutuhan pesera didik. (3) Tingkat kesesuaian antara silabus dan pelaksanaan proses pembelajaran pada mata pelajaran fiqih di MI Miftahul Ulum Keboromo Tayu Pati tidak semuanya sama dengan apa yang telah direncanakan, ada juga pengembangan dengan cara menambahkan materi atau pengetahuan yang lainnya dan mengurangi materi yang sudah direncanakannya sesuai dengan kondisi waktu dan keadaan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Silabus; Pelaksanaan Proses Pembelajaran; Mata Pelajaran Fiqih
Subjects: Fiqih
Sosial > Pendidikan > Administrasi Pendidikan
Sosial > Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Jurusan Tarbiyah > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Perpustakaan STAIN Kudus
Date Deposited: 11 May 2017 05:02
Last Modified: 11 May 2017 05:02
URI: http://eprints.stainkudus.ac.id/id/eprint/995

Actions (login required)

View Item View Item