DAMPAK SOSIOLOGIS DAN PSIKOLOGIS TERHADAP WAKALAH WALI (STUDI KASUS DI DESA JEPANG PAKIS KECAMATAN JATI KABUPATEN KUDUS)

Dianasari, Dianasari (2017) DAMPAK SOSIOLOGIS DAN PSIKOLOGIS TERHADAP WAKALAH WALI (STUDI KASUS DI DESA JEPANG PAKIS KECAMATAN JATI KABUPATEN KUDUS). Undergraduate thesis, STAIN Kudus.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (937kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (859kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (1MB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (2MB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (873kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB)

Abstract

Latar belakang penelitian adanya Kompilasi Hukum Islam yang mengatur tentang pernikahan, terutama pada pasal 19, 20, 23 dan PMA No. 11 Tahun 2007 ayat 1 yang mengatur tentang wali nikah. Wali nikah biasa menggunakan wakalah wali kepada orang lain dengan memberikan salam tempel kepada wakil setelah melakukan akad wakalah. Hal tersebut biasa dilakukan oleh masyarakat yang ada di Desa Jepang Pakis Kecamatan Jati Kabupaten Kudus. Rumusan masalah penelitian adalah dampak sosiologis dan psikologis apa yang terjadi dengan adanya wakalah wali. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak sosiologis dan dampak psikologis terhadap wakalah wali. Metode penelitian menggunakan penelitian kasus atau lapangan dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, dokumentasi. Metode yang digunakan dalam analisis data adalah diskriptif-analisis. Hasil penelitian dalam wakalah wali yang dilakukan oleh masyarakat Desa Jepang Pakis Kecamatan Jati Kabupaten Kudus dampak sosiologisnnya adalah masalah ekonomi, takut digunjing dan tradisi. Sedangkan dampak psikologisnya adalah belum mantapnya wali menikahkan anaknya dan dikarenakan tradisi. Kesimpulan: melaksanakan wakalah wali dengan memberi salam tempel kepada wakil dalam islam diperolehkan asal niatnya ikhlas, namun dalam negara termasuk dalam tindak pidana korupsi. Sedangkan wali menikahkan lewat wakalah wali dikarnakan si wali belum mantap memberi restu kepada calon pengantin.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Hukum; Wakalah; Pemberian salam tempel; Mantap dan tidaknya wali; Masyarakat Desa Jepang Pakis
Subjects: Sosial > Hukum
Divisions: Jurusan Syariah dan Ekonomi Islam > Prodi Ahwal Syakhsiyyah
Depositing User: Perpustakaan STAIN Kudus
Date Deposited: 11 May 2017 05:10
Last Modified: 11 May 2017 05:10
URI: http://eprints.stainkudus.ac.id/id/eprint/996

Actions (login required)

View Item View Item