PENGARUH STRATEGI CONTEXTUAL LEARNING DAN KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN FIQIH DI MAN DEMAK TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Tafrihan, Ahmad (2017) PENGARUH STRATEGI CONTEXTUAL LEARNING DAN KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN FIQIH DI MAN DEMAK TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, STAIN Kudus.

[img] Text
1. Cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. Abstrak.pdf

Download (857kB)
[img] Text
3. Daftar Isi.pdf

Download (867kB)
[img] Text
4. Bab 1.pdf

Download (904kB)
[img] Text
5. Bab 2.pdf

Download (977kB)
[img] Text
6. Bab 3.pdf

Download (918kB)
[img] Text
7. Bab 4.pdf

Download (1MB)
[img] Text
8. Bab 5.pdf

Download (861kB)
[img] Text
10. LAMPIRAN.pdf

Download (10MB)
[img] Text
9. Daftar Pustaka.pdf

Download (857kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan: (1) Untuk menguji secara empiris ada tidaknya nya pengaruh antara kecerdasan emosional terhadap prestasi belajar siswa di Madrasah Aliyah Negeri Demak tahun pelajaran 2016/2017. (2) Untuk menguji secara empiris ada tidaknya pengaruh antara contextual learning terhadap prestasi belajar siswa di Madrasah Aliyah Negeri Demak tahun pelajaran 2016/2017. (3) Untuk menguji secara empiris ada tidaknya pengaruh antara kecerdasan emosional dan contextual learning terhadap prestasi belajar siswa pada pelajaran fiqih di Madrasah Aliyah Negeri Demak tahun pelajaran 2016/2017. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI dan XII Madrasah Aliyah Negeri Demak tahun pelajaran 2015/2016 yang berjumlah 754 siswa yang terdiri atas 20 kelas. Peneliti menggunakan teknik random sampling. Dalam hal ini peneliti memilih 4 kelas untuk dijadikan kelas penelitian sehingga didapat sampel 100 orang. Teknik analisis dalam penelitian ini menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis regresi sederhana dengan bantuan SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Tingkat kecerdasan emosional siswa di MAN Demak berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa di MAN Demak. Hal ini berdasarkan pada hasil koefisien determinasi diketahui bahwa tingkat kecerdasan emosional siswa di MAN Demak memiliki pengaruh sebesar 0,2% terhadap prestasi belajar siswa di MAN Demak dengan persamaan regresi Ŷ = 83,239 + 0,023X1. (2) Tingkat contextual learning pada pelajaran fiqih di MAN Demak berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa di MAN Demak. Hal ini berdasarkan pada hasil koefisien determinasi diketahui bahwa tingkat contextual learning pada pelajaran fiqih di MAN Demak memiliki pengaruh sebesar 4% terhadap prestasi belajar siswa di MAN Demak dengan persamaan regresi Ŷ = 83,239 + 0,023X2. (3) Tingkat kecerdasan emosional dan contextual learning di MAN Demak berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa di MAN Demak. Hal ini berdasarkan pada hasil koefisien determinasi diketahui bahwa tingkat kecerdasan emosional dan contextual learning di MAN Demak memiliki pengaruh sebesar 4% terhadap prestasi belajar siswa di MAN Demak dengan persamaan regresi Ŷ = 78,350 + (-0,007)X1 + 0,132X2 .

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kecerdasan Emosional; Contextual Learning; Prestasi Belajar; Siswa
Subjects: Fiqih
Sosial > Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Sosial > Pendidikan > Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan
Divisions: Jurusan Tarbiyah > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Perpustakaan STAIN Kudus
Date Deposited: 11 May 2017 05:22
Last Modified: 11 May 2017 05:22
URI: http://eprints.stainkudus.ac.id/id/eprint/997

Actions (login required)

View Item View Item