STRATEGI GURU DALAM MENCIPTAKAN KENYAMANAN BELAJAR SISWA DI DALAM KELAS PADA MATA PELAJARAN PAI (STUDI KASUS DI MI NU BAITUL MUKMININ GETAS PEJATEN JATI KUDUS TAHUN PELAJARAN 2016/2017)

Farid, Ahmad (2017) STRATEGI GURU DALAM MENCIPTAKAN KENYAMANAN BELAJAR SISWA DI DALAM KELAS PADA MATA PELAJARAN PAI (STUDI KASUS DI MI NU BAITUL MUKMININ GETAS PEJATEN JATI KUDUS TAHUN PELAJARAN 2016/2017). Undergraduate thesis, STAIN Kudus.

[img] Text
1. BAGIAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. Abstrak.pdf

Download (935kB)
[img] Text
3. Daftar Isi.pdf

Download (871kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (1MB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (1MB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (978kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (916kB)
[img] Text
9. Daftar Pustaka.pdf

Download (1MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui kondisi ruang kelas di MI NU Baitul Mukminin Getas Pejaten Jati Kudus tahun pelajaran 2016/2017. (2) Untuk mengetahui Strategi Guru dalam Menciptakan Kenyamanan Belajar Siswa di dalam Kelas pada Mata Pelajaran PAI di MI NU Baitul Mukminin Getas Pejaten Jati Kudus Tahun Pelajaran 2016/2017 (3) Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam menciptakan kenyamanan belajar siswa di dalam kelas di MI NU Baitul Mukminin Getas Pejaten Jati Kudus tahun pelajaran 2016/2017. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian lapangan (field research), dimana dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode penelitian naturalistik. Pengumpulan data dengan observasi, dokumentasi dan wawancara (interview). Analisis data menggunakan teknik reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini adalah (1) Kondisi ruangan kelas di MI NU Baitul Mukminin Pejaten Jati Kudus sudah kondusif dan nyaman untuk kegiatan pembelajaran di dalam kelas. Adapun seperti ventilasi udara, meja dan kursi sudah sesuai dengan jumlah peserta didik, pencahayaan yang cukup untuk peserta didik. Akan tetapi ada satu kelas yang kurang nyaman untuk di tempati yaitu kelas V (lima), dikarenakan kelas tersebut tergolong kelas baru pasca pembangunan di MI NU Baitul Mukminin Pejaten Jati Kudus. (2) Strategi guru dalam menciptakan kenyamanan belajar siswa di dalam kelas pada mata pelajaran PAI sudah dilakukan dengan baik sesuai dengan kebutuhan siswanya. Diantara yang diupayakan guru dalam menciptakan kenyamanan belajar siswa di dalam kelas pada mata pelajaran PAI di MI NU Baitul Mukminin Pejaten Jati Kudus adalah kebersihan kelas, pengaturan tempat duduk yang sesuai dengan metode pembelajaran yang dipakai, menempelkan poster atau gambar yang mendukung pembelajaran, dan mendesain kelas sebaik mungkin supaya para peserta didik betah dan nyaman ketika belajar di dalam kelas. Para guru juga memakai metode pembelajaran yang bervariasi agar para peserta didik tidak mudah jenuh dengan materi yang disampaikan oleh guru. (3) Diantara faktor pendukung dari menciptakan kenyamanan belajar siswa di dalam kelas adalah: Kepemimpinan Kepala Madrasah yang positif dan kuat, monitoring guru terhadap kemajuan siswa dan fasilitas lainnya, kreativitas guru dalam pembelajaran, tanggungjawab siswa dan keterlibatannya dalam kehidupan sekolah, keterlibatannya orang tua dalam kehidupan sekolah, tersedianya sarana prasarana. Adapun faktor penghambat dari menciptakan kenyamanan belajar siswa di dalam kelas adalah Terkadang guru tidak peduli dalam meningkatkan suasana pembelajaran yang nyaman di dalam kelas untuk peserta didiknya, adanya siswa yang kurang antusias dalam menyiptakan suasana kelas yang kondusif, anggaran dana yang tidak mencukupi, Lingkungan yang kurang kondusif, sarana prasarana dan alat bantu ajar yang kurang mendukung dalam proses pembelajaran, kurangnya kesatuan di dalam kelas.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kenyamanan; Belajar
Subjects: Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam > Pendidikan Islam
Sosial > Pendidikan > Guru
Sosial > Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Jurusan Tarbiyah > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Perpustakaan STAIN Kudus
Date Deposited: 11 May 2017 05:27
Last Modified: 11 May 2017 05:27
URI: http://eprints.stainkudus.ac.id/id/eprint/998

Actions (login required)

View Item View Item