KONSEP PENDIDIKAN ISLAM PERSPEKTIF MUHAMMAD ABDUSSALAM AL-AJAMI DALAM KITAB AT TARBIYATUL AL ISLAM AL USHUL WA AT TATHBIQOT DAN RELEVANSINYA DENGAN PENDIDIKAN MODERN

Had, Rowi Mas (2017) KONSEP PENDIDIKAN ISLAM PERSPEKTIF MUHAMMAD ABDUSSALAM AL-AJAMI DALAM KITAB AT TARBIYATUL AL ISLAM AL USHUL WA AT TATHBIQOT DAN RELEVANSINYA DENGAN PENDIDIKAN MODERN. Undergraduate thesis, STAIN Kudus.

[img] Text
1. BAGIAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (863kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (866kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (903kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (982kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (867kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (869kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (885kB)

Abstract

Problem pendidikan masyarakat modern yang memasuki zaman neoteknik merupakan problem yang serius. Hal ini disebabkan paradigma pendidikan yang dipakai dalam institusi pendidikan cenderung mengikuti ideologi pasar. Dalam pandangan Hodgson ciri modernitas adalah teknikalisme, dari teknikalisme tersebutlah ideologi pendidikan khususnya di Indonesia sekarang berpijak. kalau seandainya ideologi pasar yang digunakan maka dunia pendidikan kita akan mengedepankan nilai-nilai korporasi yang menekankan penguasaan teknik-teknik dasar yang diperlukan dalam dunia kerja dengan mengorbankan nilai-nilai etis-humanistik. Tujuan Penelitian library reseach ini adalah: 1) Untuk mengetahui Konsep Pendidikan Islam Persperktif Muhammad Abdussalam al Ajami; 2) Untuk mengetahui sejauh mana kesesuaian konsep pendidikan Persperktif Muhammad Abdussalam al Ajami dengan Pendidikan Modern. Adapun teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik dokumentasi. Dokumen merupakan bentuk tulisan, gambar atau karya-karya monumental dari seseorang. Dokumentasi adalah suatu cara yang dilakukan dengan mencari data mengenai hal-hal atau variabel yang berupa catatan, transkip, buku, surat kabar, majalah, prasasti, notulen rapat, leger, agenda, dan sebagainya. Teknik ini dilakukan dengan mencari bahan-bahan yang relevan dengan obyek yang akan diteliti lalu di ulas. Sumber penelitian ini berasal dari sumber primer kitab at Tarbiyatul al Islam al Ushul wa at Tathbiqot, dan sumber sekunder kitab al Madkhal fi Ushul at Tarbiyah dan al Fikru at Tarbawi, serta majalah, artikel dan literatur yang lain yang dipilah dan dipilih berdasarkan relevansinya dengan masalah yang diteliti. Dari temuan penulis menemukan bahwa: 1) konsep pendidikan Abdussalam al Ajami merupakan pendidikan integratif yang bercorak rasional taransendental. Dalam artian pendidikan ini tidak melakuakan pemisahan antara sains dan agama, keduanya berhubungan secara organis. Serta rasional transendental artinya pendidikan ini mempunyai kesesuaian, keseimbangan bagi diri manusia dalam memenuhi kebutuhan pemikiran dan jiwa. Corak pendidikan inilah yang dibutuhkan dalam konteks zaman sekarang di mana mulai terjadi gejala dehumanisasi; 2) bahwa konsep pendidikan Islam al Ajami mempunyai kesesuain dengan pendidikan modern dalam beberapa aspek, dan mempunyai nilai lebih dalam hal transendensi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Konsep; Pendidikan Islam; Muhammad Abdusslam al Ajami; Modern
Subjects: Agama
Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam > Pendidikan Islam
Divisions: Jurusan Tarbiyah > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Perpustakaan STAIN Kudus
Date Deposited: 11 May 2017 05:35
Last Modified: 11 May 2017 05:35
URI: http://eprints.stainkudus.ac.id/id/eprint/999

Actions (login required)

View Item View Item